Wuah… Warga Bruno Pesta 4.425 Ingkung

PURWOREJO (KRjogja.com) – Ribuan warga sejumlah desa di Kecamatan Bruno Kabupaten Purworejo dan Wadaslintang Wonosobo pesta 4.425 ingkung atau ayam bakar. Hal ini berlangsung pada Merti Desa Karanggedang Bruno, Kamis (07/03/2013). Mereka mewujudkan syukur atas rezeki dan berkah yang didapat tiga tahun terakhir dengan membuat 51 ambeng berisi ayam bakar, hasil bumi dan makanan olahan pabrik.

Kegiatan budaya itu merupakan acara rutin tiga tahunan. “Merti desa dilaksanakan sejak nenek moyang, sebagai bentuk syukur atas rezeki yang diperoleh. Warga berharap apa yang dicita-citakan dapat terwujud dan mendapat limpahan berkah lebih banyak lagi,” kata Bejo SPd, Ketua Panitia Merti Desa Karanggedang.

Pada kegiatan itu, setiap empat atau lima warga bergabung dalam kelompok dan membuat satu ambeng. Besarnya nilai serta banyaknya ayam yang digunakan disesuaikan dengan kemampuan ekonomi kelompok itu.

Ambeng dibuat 205 kepala keluarga (KK) di sebelas rukun tetangga (RT), dengan nilai total Rp 300.929.250. Setiap keluarga menyumbang dana mulai Rp 1 juta sampai Rp 2 juta. Warga Karanggedang yang merantau di sejumlah daerah juga menjadi donatur. (Jas)

 

Rental Mobil Purworejo

Kami siap jemput & antar ke tujuan Anda. Hubungi kami sekarang juga! Telp 08111800809
giyan says:

pemda mohon untuk lebih memperhatikan sektor pariwisata purworejo, karena menurut saya tak ada perkembangan yang signifikan di sektor tersebut,..