Wacana Pemberlakukan 5 Hari Kerja di Pemkab Purworejo Mencuat

DEWAN Pengurus Korpri Kabupaten Purworejo akan mewacanakan pemberlakuan lima hari kerja bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kabupaten Purworejo. Wacana tersebut dikarenakan hanya Kabupaten Purworejo yang belum melaksankan lima hari kerja di eks Karesidenan Kedu.

Hal tersebut mengemuka dalam Rapat Kerja Kabupaten (Rakerkab) III Korpri Kabupaten Purworejo di Ruang Arahiwang yang dibuka oleh Sekretaris Daerah Purworejo Drs Tri Handoyo MM, kemarin.

Wacana lima hari kerja diungkapkan Ketua Sidang Komisi B Amin Fadilah SE MM, terkecuali bagi para guru yang bernaung di bawah Dinas P dan K Kabupaten dan Pelayanan Umum seperti Puskesmas dan RSUD. Amin Fadilah juga mengusulkan, dalam kegiatan Korpri tahun 2013 nanti, selain ada kegiatam sunatan masal juga ditambah adanya nikah masal bagi PNS di Kabupaten Purworejo. “Namun wacana lima hari kerja dan penambahan kegiatan itu, sifatnya masih usulan karena akan di bahas lagi didalam rapat dewan pembina Korpri,” ungkapnya.

Bupati Purworejo dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Sekda Drs Tri Handoyo MM mengungkapkan, sebagai wadah organisasi kedinasan, Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) merupakan organisasi yang mandiri dan professional yang kedudukannya tidak terpisah dari kedinasan, dan harus senantiasa bergerak bersama komponen bangsa lainnya untuk secara konsisten memperjuangkan cita-cita bangsa.

Lebih lanjut dikatakan, Korpri harus berperan aktif dalam turut serta mensukseskan dan mewujudkan reformasi birokrasi serta mendorong terciptanya situasi dan lingkungan kerja yang kondusif. Karena, era reformasi telah mengembalikan peran utama birokrasi sebagai komponen utama pengelola pemerintahan, dimana birokrasi tidak lagi terlibat dalam kegiatan-kegiatan politik praktis.

Ia berharap Rakerkab III Korpri ini mampu menghasilkan berbagai program unggulan yang bernilai positif untuk peningkatan kesejahteraan anggota dan membawa organisasi ke arah yang lebih baik lagi di masa mendatang. “Sebagai pengayom anggotanya, Korpri juga harus fokus mengembangkan profesionalisme dan peningkatan kualitas SDM anggota Korpri yang ada di daerah ini agar lebih dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” tandasnya.

Tri Handoyo mengharapkan, Rakerkab Korpri jangan terkesan hanya seremonial belaka, tetapi menghasilkan nilai tambah bagi upaya perbaikan kesejahteraan anggota. Korpri sebagai wadah abdi negara dan abdi masyarakat hendaknya fokus membahas permasalahan yang mungkin akan dihadapi Korpri, terlebih lagi menghadapi perkembangan organisasi dan kemajuan global.*

Sumber : http://www.purworejokab.go.id

Editor : HFO

 

Rental Mobil Purworejo

Kami siap jemput & antar ke tujuan Anda. Hubungi kami sekarang juga! Telp 08111800809