Tinggi, Potensi Kecelakaan Air di Purworejo

Teknik penyelamatan korban tenggelam terus diasah seiring banyaknya laporan orang hanyut di Purworejo.(Foto:Jarot S)

PURWOREJO(KRjogja.com) Kabupaten Purworejo memiliki potensi kecelakaan air yang tinggi. Sepanjang tahun 2013, terjadi sedikitnya tujuh kali kecelakaan air dengan korban 10 tewas dan 3 orang selamat.Ketua SAR Kabupaten Purworejo Edy Purwanto mengatakan, terdapat banyak sungai dengan lubuk yang dalam dan perairan berombak tinggi. “Beberapa
sungai juga pantai sering menghanyutkan orang, biasanya korban lalai dan tidak paham kondisi perairan hingga tenggelam,” katanya kepada KRjogja.com, Senin (15/04/2013).

Menurutnya, usaha penyelamatan kerap gagal dilakukan. Kendati masyarakat cepat menyampaikan kabar, namun korban telanjur tenggelam dan hilang. Akhirnya SAR hanya melakukan operasi pencarian dan menemukan korban dalam kondisi tewas.Selain itu, kecelakaan udara juga potensial terjadi di Purworejo. Wilayah udara Purworejo merupakan jalur lalu lintas pesawat komersial yang akan mendarat dan berangkat di Bandar Udara Adi Sucipto Yogyakarta.

Kendati belum pernah terjadi, namun SAR Purworejo mempersiapkan diri antara lain dengan menggelar simulasi dan pelatihan. “Syukur jangan sampai terjadi, kalau memang sudah ditakdirkan, kami siap melakukan evakuasi,” tegasnya.

Dikatakan, untuk menekan angka kecelakaan, pihaknya melakukan edukasi melalui relawan yang ada di sekolah. “Mereka secara tidak formal menginformasikan bahaya daerah perairan, harapannya bisa disebarkan pada masyarakat. Selain itu, mengajak siswa serta kelompok masyarakat lain untuk berlatih teknik penyelamatan,” tuturnya.(Jas)

 

Rental Mobil Purworejo

Kami siap jemput & antar ke tujuan Anda. Hubungi kami sekarang juga! Telp 08111800809