Tim SAR Purworejo Beri Pengalaman Relawan Muda

Wilayah Purworejo dikenal rawan bencana tanah longsor. Hampir setiap tahun bencana tanah longsor terjadi di kabupaten ini. Tidak hanya itu, Purworejo juga berpotensi bencana tsunami, karena berhadapan langsung dengan pantai laut Selatan. Pemkab Purworejo sudah memiliki Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), yang akan menangani berbagai masalah kebencanaan di provinsi Jawa Tengah bagian Selatan ini. Sementara itu, tim SAR yang lebih awal muncul dinilai memiliki pengalaman cukup menangani permasalahan kebencanaan yang ada.

Untuk mengasah kesigapan dan kesiapan penanganan bencana, Tim SAR Purworejo rutin melakukan latihan penangan bencana setiap bulan. Minggu lalu (31/3),  bertempat di Markas Batalyon Infanteri (Yonif) 412 Raider Kostrad, anggota Tim SAR Purworejo mengadakan latihan evakuasi bersama anggota TNI.

“Kami menggandeng Yonif 412 Purworejo untuk melatih relawan, sehingga mereka siap diterjunkan ke lokasi yang sebenarnya,” kata Ketua Tim SAR Purworejo Edy Purwanto di sela latihan. Edy melanjutkan, latihan dilaksanakan dua hari dan berakhir Minggu. Ada 30 anggota atau relawan Tim SAR Purworejo dengan latar belakang berbeda, termasuk pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum berlatih dengan semangat. Kegiatan ini difokuskan pada anggota relawan Tim SAR yang masih muda. “Agar mereka lebih paham sebelum turun langsung di lokasi bencana sebenarnya,” imbuhnya. Anggota Tim SAR Ngasisman, warga Pituruh Purworejo mengaku senang mengikuti pelatihan tersebut. Di Pituruh memiliki topografi perbukitan yang rentan dengan bencana tanah longsor.”Beruntung, saya mengikuti kegiatan ini. Semoga bisa berbuat banyak dengan menolong korban saat terjadi bencana.yang pasti, saya berharap latihan tidak dipraktikkan alias jangan ada bencana di Purworejo,” katanya.(tom/hes)

Sumber:

 

Rental Mobil Purworejo

Kami siap jemput & antar ke tujuan Anda. Hubungi kami sekarang juga! Telp 08111800809