Tim Kejaksaan Akan Cek Lokasi Proyek PT Antam di Desa Munggangsari, Grabag, Purworejo

PURWOKERTO – Tim Kejaksaan Negeri Purwokerto berencana melihat lokasi proyek kerjasama Unsoed dengan PT Aneka Tambang (Antam) di Desa Munggangsari Kecamatan Grabag Purworejo.

“Setelah pemeriksaan selesai, kami akan melihat lokasi proyeknya,” kata Ketua Tim Penyidik dugaan korupsi Unsoed Kejari Purwokerto, Sunarwan SH MH, kemarin.

Menurutnya, pengelolaan proyek tersebut terindikasi bermasalah sehingga harus dicek secara langsung. Ia mengatakan, secara fisik proyek itu memang ada karena sudah dilaksanakan beberapa tahun lalu. Namun, kata dia, secara kuantitas dan kualitas proyek tersebut masih harus diperiksa apakah sesuai standar atau tidak.

“Kualitas proyek memenuhi standar atau tidak, tetap harus di cek di lapangan. Yang sedang ditangani saat ini mengolah dari bukti-bukti dan keterangan yang sudah diperiksa,” kata Kasi Intelijen ini.

Seperti diberitakan, saat ini Kejari Purwokerto sudah menetapkan tiga tersangka dugaan kasus korupsi proyek senilai Rp 5,8 miliar.

Tiga tersangka yakni EY, WH dan SMJ. EY dan WH merupakan pejabat Unsoed dan SMJ sebagai Asisten Senior Manager CSR PT Antam. Kejari sudah mencekal ketiganya untuk tidak bepergian ke luar negeri. Sedangkan pemanggilan mereka direncanakan pekan ini.

Kepala Kejaksaan Negeri Purwokerto, A Dita Prawitaningsih SH MH sebelumnya mengatakan, selain tiga tersangka tersebut, masih ada calon tersangka lainnya.

“Masih kami dalami termasuk besaran nilai kerugian negaranya. Kalau saat ini baru sekitar Rp 2 miliar. Kemungkinan masih akan bertambah,” katanya.

Kasi Tindak Pidana Khusus Hasan Nurodin Achmad mengatakan, setelah pemberkasan ketiga tersangka selesai, akan dilanjutkan untuk calon tersangka lain. Siapa calon tersangka baru yang dimaksud, kata dia belum bisa disampaikan.

“Dari hasil pemeriksaan saksi-saksi, ada peluang munculnya tersangka baru. Belum tepat kalau disampaikan sekarang,” ujarnya dalam wawancara terpisah.

( Agus Wahyudi , Nugroho Pandhu Sukmoro / CN32 / JBSM )

 

Rental Mobil Purworejo

Kami siap jemput & antar ke tujuan Anda. Hubungi kami sekarang juga! Telp 08111800809