Tebing 150 Meter Longsor, Jalur Purworejo-Wonosobo Putus

Longsor Jalan Purworejo - Wonosobo Putus

Hujan deras yang mengguyur Rabu (2/1) sore hingga malam hari, mengakibatkan tebing setinggi 150 meter longsor. Akibatnya, 2 rumah rusak berat akibat tertimbun longsoran dan 12 rumah lainnya terancam roboh.

Bencana longsor itu terjadi di bantaran Sungai Gowong yang merupakan hilir Sungai Bogowonto di Desa Growong, Kecamatan Bruno, Purworejo, Jateng. Bencana longsor itu juga memaksa 71 jiwa penghuni rumah harus diungsikan ke Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di desa setempat karena 12 rumah yang terancam roboh membahayakan keselamatan jiwa para penghuni.

Mereka diungsikan di radius aman sejauh 4 kilometer lebih yang merupakan tempat aman. Sebab, kondisi tanah di sekitar bantaran sungai Gowong masih dalam kondisi labil dan rawan terjadi longsor susulan.

Selain itu, akses jalur alternatif dari Purworejo menuju ke Wonosobo sampai sekarang mengalami putus total, tertutup oleh longsoran tanah dengan ketinggian 10 meter dan panjang kurang lebih 150 meter itu.

Belum dipastikan ada korban jiwa atau tidak dalam kejadian itu. Namun, menurut informasi beberapa warga ada sebanyak tiga sepeda motor melintas saat terjadi longsor.

Saat ini warga berupaya memastikan dengan melakukan proses pembersihan dan pencarian korban. Hal ini juga untuk membuka akses jalur alternatif Purworejo-Wonosobo yang sampai saat ini putus total.

“Longsor terjadi kemarin (rabu) sekitar pukul 15.00 WIB. Saat longsor terjadi warga sempat melihat ada sebanyak tiga sepedamotor melintas. Namun, masih berupaya dipastikan apakah benar-benar ada atau hanya sekedar isu,”ungkap Kepala Urusan (Kaur) Kesejahteraan Desa Growong Muchlisin (46) kepada merdeka.com Kamis(3/1) di tempat kejadian.

Sampai berita ini ditulis, puluhan warga berupaya untuk melakukan kerja bhakti menyingkirkan bekas longsoran berupa tanah liat, batu besar dan pepohonan.

Bersama tim SAR, polisi dan aparat TNI mereka bahkan menurunkan satu unit alat berat dan menggunakan gergaji mesin melakukan pembersihan jalan.

[hhw] MERDEKA.COM
 

Rental Mobil Purworejo

Kami siap jemput & antar ke tujuan Anda. Hubungi kami sekarang juga! Telp 08111800809