Sosialisasikan Pilgub Lewat Kesenian Ketoprak

ilustrasi

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rento Ari Nugroho

PURWOREJO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purworejo memiliki cara unik dalam mensosialisasikan pelaksanaan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah. KPU memakai media seni untuk menyampaikan berbagai tahapan pilgub di Pendapa Agung Kabupaten Purworejo, Rabu (27/3/2013). Adapun kesenian yang dipilih ada kesenian ketoprak humor.

“Jateng nampaknya berbeda, Pilgub sudah dekat namun suasana masih cukup adem ayem. Tapi semoga ini menjadi pertanda yang baik dan menjadi indikasi pemahaman demokrasi masyarakat yang semakin matang dan kuat,” ungkap Ketua KPU Purworejo Muslikhin Madiani saat memberikan sambutan.

Ketua Divisi Sosialisasi KPU Purworejo Bambang Setyoko S menjelaskan, acara kali ini sekaligus untuk mengenalkan maskot dan jingle Pigub Jateng 2013. Selain itu materi sosialisasi meliputi seluruh tahapan Pilgub yang akan dijalani. Untuk memudahkan penyampaian, KPU mengemasnya dengan tampilan budaya daerah dalam bentuk ketoprak humor yang dimainkan oleh seniman daerah setempat.

Pertunjukan ketoprak humor yang menarik dan kocak disajikan dengan lakon ‘Tumuruning Ratu Adil’. Lakon Tumuruning Ratu Adil, menurut Bambang, hanya disiapkan selama dua hari.

Lakon ini mengisahkan suatu kadipaten yang dipimpin seorang adipati yang tak lagi diberi keturunan untuk meneruskan tahta kepemimpinan. Sang adipati kemudian dengan legowo dan bijaksana meletakkan legitimasi kekuasaan dan mengajak warganya untuk melakukan pemilihan secara langsung dan demokratis.

“Tentu tidak hanya hiburan saja yang ditonjolkan, substansi demokrasi dan penjelasan tahapan-tahapan pemilu juga disisipkan sebagai materi inti sosialisasi Pigub Jateng 2013,” jelasnya. (*)

 

Rental Mobil Purworejo

Kami siap jemput & antar ke tujuan Anda. Hubungi kami sekarang juga! Telp 08111800809