SMAN 1 Purworejo Borong Medali Emas di OSN Jateng

PURWOREJO, suaramerdeka.com - Siswa SMAN 1 Purworejo berhasil memborong medali emas dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat Provinsi Jawa Tengah (Jateng). Dari sembilan cabang mata pelajaran yang diikuti, SMAN 1 Purworejo berhasil meraih tujuh medali emas.

Perolehan itu membuat sekolah ini menjadi yang terbanyak mengirimkan wakilnya dalam training center untuk maju pada ajang serupa tingkat nasional.

Ketua Tim Pembimbing OSN SMAN 1 Purworejo, Cahyo Winarno SPd menjelaskan, sembilan mata lomba OSN itu adalah matematika, fisika, kimia, biologi, astronomi, kebumian, geografi, ekonomi, dan komputer. SMAN 1 Purworejo berhasil menyapu untuk cabang matematika. Peringkat 1, 2, 3 semua diraih siswa SMAN 1 Purworejo.

Selanjutnya terbaik pertama diraih dalam cabang fisika, biologi, astronomi, kebumian, geografi, dan ekonomi. Siswa SMAN 1 Purworejo juga meraih terbaik kedua cabang kimia dan astronomi, serta meraih terbaik ketiga cabang ekonomi dan kimia. Total medali yang diperoleh 13 buah dan 7 di antaranya adalah juara pertama.

Cahyo mengatakan, kesuksesan mendulang banyak medali emas itu karena siswa-siswanya memiliki persiapan yang cukup matang dengan bimbingan dan arahan dari masing-masing guru mata pelajaran. “Para siswa memiliki waktu yang cukup untuk persiapan,” katanya.

Di samping itu, juga berkat doa dan dukungan wali siswa yang memberikan motivasi agar anak-anaknya terus mengukir prestasi untuk mengharumkan nama SMAN 1 dan Kabupaten Purworejo. “Di samping itu keberadaan ekstrakurikuler science club cabang Biologi di SMAN 1 juga memberikan kontribusi karena melalui ektrakurikuler ini potensi siswa bisa terus diasah,” katanya.

Kepala SMAN 1 Purworejo, Dra Budiastuti Sumaryati MPd, mengaku bersyukur atas prestasi yang diraih para siswanya pada ajang OSN yang diselenggarakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah tersebut.

Dia berharap, para siswanya itu lolos TC dan akan mengulang kesuksesan serupa pada ajang OSN tingkat nasional. “Kami sangat berharap tradisi prestasi bisa terus dipertahankan di SMAN 1. Bukan sekadar untuk kepentingan sekolah, tapi juga kepentingan Kabupaten Purworejo secara keseluruhan. Kami berharap dukungan dari masyarakat,” katanya.

( Nur Kholiq / CN31 / JBSM )

 

Rental Mobil Purworejo

Kami siap jemput & antar ke tujuan Anda. Hubungi kami sekarang juga! Telp 08111800809