Serangan Hama Padi di Purworejo Meluas

Seorang petani menunjukkan jenis hama padi. (Foto: Gunarwan)

PURWOREJO (KRjogja.com) – Serangan hama tanaman padi di Kabupaten Purworejo semakin meluas. Setidaknya sudah dilaporkan sekitar 196 hektar tanaman padi di 10 wilayah kecamatan, termasuk daerah kantung padi juga diserang hama.

Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Purworejo melalui Kasi Pengembangan Tanaman dan Perlindungan Pangan Arie Sulistyani STP MP, Sabtu (11/5) mengatakan, hama yang menyerang tanaman padi itu diantaranya hama penggerek batang di wilayah Kecamatan Purwodadi, Purworejo, Kutoarjo, dan Kecamatan Grabag seluas tujuh hektar. Di Kecamatan Loano, Gebang, Purworejo, dan Bener tanaman padi diserang hama tikus yang luasnya mencapai sekitar 25 hektar.

Selain itu juga keong emas di daerah kantung padi Kecamatan Purwodadi dan Banyuurip seluas 23 hektar. “Hama kresek juga menyerang sekitar 16 hektar tanaman padi di Loano dan Grabag,” katanya.

Serangan hama paling luas walang sangit di wilayah Kecamatan Loano, Gebang, Purworejo, Banyuurip, Bayan, Grabag, Bener, dan Kecamatan Butuh. “Tanaman padi yang sudah diserang hama ini luasannya mencapai sekitar 125 hektar,” jelas Arie Sulistyani.(Nar)

 

Rental Mobil Purworejo

Kami siap jemput & antar ke tujuan Anda. Hubungi kami sekarang juga! Telp 08111800809