Serangan Flu Burung di Purworejo Meningkat

Awal Tahun, Serangan Flu Burung Meningkat

Flu Burung Purworejo

Gambar Ilustrasi: Penanganan Flu Burung

Purworejo, 27 Februari РMemasuki tahun 2013, serangan penyakit flu burung terhadap unggas di Kabupaten Purworejo meningkat. Dalam kurun dua bulan, sedikitnya 219 ayam kampung milik peternak di Gesing Purwodadi dan Popongan Banyuurip mati mendadak dan hasil tes menyatakan kematian itu akibat flu burung. Jumlah tersebut naik dari tahun 2012, dimana flu burung dilaporkan menyerang 60 unggas.

Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Purworejo melakukan antisipasi dengan membagikan disinfektan kepada peternak. “Penyemprotan juga sudah dilakukan, selain menggunakan disinfektan, mereka menyemprot kandang memanfaatkan air sisa deterjen. Kami juga minta peternak memperhatikan kebersihan kandang, selama ini pemicu penyakit seperti flu burung antara lain karena sanitasi yang buruk,” ungkap Ir Doddy Heru Prasetyo Kasi Kesehatan Hewan DKPP Purworejo, kepada KRjogja.com, Selasa (26/02/2013).

Selain itu, pemerintah melokalisir dua desa itu dengan melarang unggas setempat dijual keluar daerah. Rencananya, kebijakan itu akan dilaksanakan minimal satu bulan.

Serangan flu burung memang sudah tidak dilaporkan terjadi di dua desa itu. “Namun, kami masih menunggu sampai betul-betul tidak ada serangan flu burung. Bisa jadi, ada virus dalam tubuh unggas, namun belum muncul gejalanya,” tuturnya.(Kr/Gs)

 

Rental Mobil Purworejo

Kami siap jemput & antar ke tujuan Anda. Hubungi kami sekarang juga! Telp 08111800809