Sengketa Jual Beli, Rumah Tua Dieksekusi

Pembacaan putusan eksekusi di depan rumah yang disengketakan. Foto : Jarot Sarwosambodo

PURWOREJO - Pihak Pengadilan Negeri (PN) Purworejo mengeksekusi sebuah rumah tua di Jalan Sibak RT 03 RW 07 Kelurahan Pangen Juru Tengah Purworejo, Rabu (3/4). Rumah itu disita kemudian diserahkan kepada Saptinah warga Ngupasan 3 No 105 Pangen Juru Tengah, melalui kuasa hukumnya Ita Meigavitri SH MH.

Eksekusi itu merupakan buntut sengketa jual beli antara Saptinah dengan pemilik rumah sebelumnya, Herry Harmani. “Tergugat Herry sudah menjual rumah bangunan sekitar tahun 1970-an itu kepada Saptinah senilai Rp 80 juta pada tahun 2000,” ujar Ita Meigavitri SH MH kepada KRjogja.com, disela eksekusi.

Saptinah kemudian melakukan balik nama sertifikat atas bangunan dan tanah seluas 349 meter persegi itu atas nama sendiri. Namun rumah tidak segera ditempati karena tergugat masih ditinggali keluarga tergugat.

Saptinah memberi kesempatan karena tergugat mengaku belum memiliki rumah pengganti. “Namun diberi kesempatan dari tahun 2000 sampai 2013, tidak ada iktikad baik untuk menyerahkan rumah itu, sehingga kami menempuh jalur hukum dengan tujuan putusan pengosongan. Sejak tingkat pengadilan negeri hingga kasasi, penggugat menang sehingga putusan harus dilaksanakan,” tuturnya.

Saat dilakukan eksekusi, tidak ada perlawanan dari tergugat. Bahkan, tergugat mengosongkan sendiri rumah itu.(Jas)

 

Rental Mobil Purworejo

Kami siap jemput & antar ke tujuan Anda. Hubungi kami sekarang juga! Telp 08111800809