Saluran Kedondong Terancam Jebol

98 HEKTARE BAKAL KEKERINGAN

Saluran DI Kedondong di Sukowuwuh terancam jebol.Foto: Jarot S

Saluran DI Kedondong di Sukowuwuh terancam jebol.Foto: Jarot S

PURWOREJO Saluran sistem Daerah Irigasi (DI) Kedondong di Desa Sukowuwuh Bener Purworejo terancam jebol. Petani pemilik 98 hektare sawah di wilayah Sukowuwuh dan Ketosari khawatir kehilangan pasokan air.

Kades Ketosari Pri Haryadi mengatakan, areal sawah di wilayahnya sangat membutuhkan pasokan air DI tersebut. “Area padi di Ketosari didominasi sawah teknis, atau sumbernya dari irigasi. Jika sampai jebol, maka kami kesulitan air,” ucapnya kepada KRjogja.com, Rabu (27/02/2013).

Menurutnya, ratusan petani di desa itu akan merasakan dampak jika sampai ancaman jebol menjadi kenyataan. Mereka tidak bisa mengandalkan air hujan untuk mengairi sawah karena tidak akan mencukupi. Warga Sukowuwuh Rohmat (36) menambahkan, saluran terancam jebol sepanjang kurang lebih 30 meter. Jalan selebar 3,5 meter yang menjadi tanggul saluran, terus longsor ketika hujan deras mengguyur kawasan itu. Belum ada upaya serius dari  pemerintah untuk mengantisipasi ancaman itu.

“Padahal pada bagian tebing di bawah jalan yang longsor itu,mulai ada rembesan air dari irigasi. Ada kemungkinan jebol jika hujan deras dan debit air irigasi meningkat,” paparnya.(Jas)

 

Rental Mobil Purworejo

Kami siap jemput & antar ke tujuan Anda. Hubungi kami sekarang juga! Telp 08111800809