Saat Panen, Petani Dipermainkan Tengkulak

Panen raya selalu dijadikan alasan tengkulak untuk menekan harga gabah. (Foto : Foto : Jarot Sarwosambodo)

PURWOREJO (KRjogja.com) – Lumbung pangan di tingkat desa akan digalakkan kembali untuk menyelamatkan petani di Provinsi Jawa Tengah. Program itu dinilai efektif untuk mencegah tengkulak yang akan mempermainkan harga beli demi keuntungan.

Calon Gubernur Jawa Tengah H Hadi Prabowo mengemukakan, lumbung akan menampung pangan dan dapat dijual ketika kondisi harga sedang bagus. “Sistem lumbung yang sebenarnya sudah ada sejak dulu, namun kini perannya banyak berkurang, sebenarnya menjadi salah satu jalan bagi peningkatan kesejahteraan petani,” katanya kepada KRjogja.com, disela penyerapan aspirasi ratusan perwakilan kelompok tani Kecamatan Bener dan Gebang Kabupaten Purworejo, di Desa Kaliurip Bener, Selasa (10/04/2013).

Lumbung pangan berfungsi menampung hasil panen petani ketika memasuki musim panen. Lumbung sama dengan sistem resi gudang, dimana pangan disimpan dalam gudang serta bisa dijadikan jaminan bagi petani untuk mengajukan kredit.

Menurutnya, petani bisa berperan mengendalikan harga pangan karena stok yang disimpan dalam lumbung jumlahnya besar. “Kendala saat ini, pemilikan lahan sudah sempit, jadi hasil panen tidak seberapa. Sementara kebutuhan petani tinggi, jadi saat betul-betul butuh dan adanya hanya hasil panen, langsung saja dijual kendati harganya murah,” paparnya.

Sementara itu, pemerintah akan melakukan pembinaan serta pendampingan terhadap petani. Selain itu, Hadi menilai, buruknya kondisi infrastruktur di Jawa Tengah menjadi kendala menyejahterakan petani.

Lumbung pangan juga tidak akan berfungsi secara optimal jika infrastruktur di perdesaan buruk. “Untuk itu infrastruktur menjadi prioritas utama yang harus dibenahi dalam lima tahun mendatang. Kalau jalan jelek, mau kirim barang susah, akhirnya pengaruhnya pada harga komoditas,” tegasnya.

Kendati demikian, perlu ada sinergi dan keterpaduan antara pemerintah provinsi dengan kabupaten. Menurutnya, kebijakan meningkatkan kesejahteraan itu tidak akan terealisasi secara maksimal jika hanya ditangani pemerintah provinsi. (Jas)

 

Rental Mobil Purworejo

Kami siap jemput & antar ke tujuan Anda. Hubungi kami sekarang juga! Telp 08111800809