Ribuan Divabel di Purworejo Belum Tertangani

[quote]PURWOREJO - Diperkirakan masih ribuan penyandang cacat (divabel) di Kabupaten Purworejo yang belum tertangani. Dalam dua tahun terakhir, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo menangani 375 penyandang cacat dengan memberi bantuan peralatan serta pelatihan kerja.[/quote]

Penyandang cacat di Purworejo bisa berkreasi setelah mendapat pelatihan dari pemerintah. (Foto : Jarot Sarwosambodo)

Jumlah penyandang cacat pada tahun 2012 diidentifikasi sebanyak 7.305 jiwa. Angka itu naik dibanding temuan tahun 2011 yang tercatat 6.986. “Memang ada peningkatan dari jumlah penyandang, sebab kami memperluas jaringan untuk pendataan dan dalam setahun terakhir ada kelahiran cacat atau akibat hal tertentu seperti kecelakaan,” terang Sri Lestariningsih, Kabid Sosial Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Sosial (Disnakertranss) Kabupaten Purworejo, kepada KRjogja.com, Senin (18/03/2013).

Sulitnya menangani penyandang cacat karena mereka tertutup atau lingkungan yang kurang peduli. Padahal, pemerintah selalu mengalokasikan anggaran penanganan penyandang cacat.

Menurutnya, kurang pedulinya masyarakat ditemukan di sejumlah wilayah. “Bahkan sampai ada perangkat desa yang mempersulit penyandang cacat memperoleh akses penanganan. Namun, mereka akhirnya bisa tertangani karena ada satu dua tetangga yang tetap peduli dan memfasilitasi penyandang cacat menjangkau pelayanan,” ungkapnya.(Jas)

 

Rental Mobil Purworejo

Kami siap jemput & antar ke tujuan Anda. Hubungi kami sekarang juga! Telp 08111800809