Ratusan Warga Pamrihan Pituruh Gerudug Polres Purworejo

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rento Ari Nugroho

Ratusan warga Desa Pamrihan, Kecamatan Pituruh Kabupaten Purworejo mendatangi Mapolres Purworejo, Kamis (14/3/2014)

PURWOREJO РRatusan warga Desa Pamrihan, Kecamatan Pituruh Kabupaten Purworejo mendatangi Mapolres Purworejo, Kamis (14/3/2013). Mereka bermaksud menyerahkan diri sebagai pelaku penganiayaan kepada seorang warga Desa Wonosido, desa tetangga mereka. Hal ini dilakukan sebagai dukungan kepada tujuh warga mereka yang ditahan karena kasus tersebut beberapa waktu yang lalu.

Menggunakan enam truk dan dua mobil pikap, mereka mendatangi Mapolres sekitar pukul 11.00. Anggota Dalmas Polres pun disiagakan untuk menyambut kedatangan warga.

Setelah diterima Kapolres Purworejo AKBP M Taslim Choirudin, mereka beraudiensi di halaman Mapolres.(*)

 

 

Berita lain juga ada di detiknews menyampaikan data yang sedikit berbeda mengenai jumlah yang ditahan.

Semua Pria Ingin Ditahan di Kantor Polisi, Desa di Purworejo Sepi

Suasana Desa Saat Ditinggal Warga (Foto: Anami/pembaca detikcom)

Sebuah desa di ujung barat Purworejo, Jateng, Desa Pamriyan, Kecamatan Pituruh, hari ini lengang. Seluruh warga yang berjenis kelamin pria menyerahkan diri ke polisi. Mereka mengaku bertanggung jawab atas kematian seorang preman setempat.

Dengan menggunakan truk dan minibus Elf, para kaum Adam ini berangkat ke Mapolres Purworejo. Doa dan tangisan istri dan keluarga mengiringi. Ladang, rumah, atau sudut-sudut desa, kosong melompong. Yang tertinggal hanya kaum hawa, anak kecil dan laki.

Para pria menyerahkan diri ke polisi setelah 12 warga ditahan polisi terkait pembunuhan tetangga desa, Yulianto (35). Peristiwa itu terjadi pada 21 Februari 2013 lalu. Yulianto yang merupakan preman itu dikeroyok dan dibakar hidup-hidup.

Warga kesal karena Yulianto sering berbuat onar. Beberapa kali, mereka menangkap korban dan menyerahkan ke polisi, tapi perbuatan onar tetap dilakukan. Sebab itu, warga pun beramai-ramai menghakimi korban.

Kapolres Purworejo AKPB Taslim membenarkan kedatangan warga ke Mapolres. “Saya tidak tahu jumlahnya. Ada 7 truk dan 2 mobil Elf,” ungkap Taslim kepada detikcom, Kamis (14/3/2013).

Taslim juga membenarkan warga membunuh Yulianto beramai-ramai. Polisi menahan 12 orang yang diduga kuat terlibat langsung dalam kejadian itu. Dimungkinkan, ada warga lain yang terlibat, tapi polisi belum bisa menindak karena belum ada keterangan saksi dan barang bukti.

“Benar, korban adalah preman. Tapi tindakan warga tetap tak bisa dibenarkan,” jelasnya.

 

Rental Mobil Purworejo

Kami siap jemput & antar ke tujuan Anda. Hubungi kami sekarang juga! Telp 08111800809