Ratusan Batang Rokok ‘Klembak Menyan’ Disita Di Purworejo

Rokok ilegal yang disita Disperindagkop Purworejo. (Foto : Jarot Sarwosambodo)

Rokok ilegal yang disita Disperindagkop Purworejo. (Foto : Jarot Sarwosambodo)

PURWOREJO - Kurang lebih 180 batang rokok klembak menyan yang dijual tanpa pita cukai disita Dinas Perdagangan Perindustrian dan Koperasi (Disperidangkop) Kabupaten Purworejo dalam razia di lima pasar, awal Februari 2013. Dua perusahaan rokok didapati menjual produk ilegal dan dilaporkan kepada Kantor Bea dan Cukai di Yogyakarta.

Tim pengawas bentukan dinas itu masih mendapati pabrik rokok berizin yang juga mengedarkan dagangan tanpa dilengkapi cukai. “Memang masih ada produsen tidak tertib. Mereka membuat dua jenis rokok, satu dilekati pita cukai dan sebagian polos,” ungkap Dra Suhartini MM, Kepala Disperindagkop Kabupaten Purworejo, kepada KRjogja.com, Rabu (13/03/2013).

Pada razia itu, tim mendatangi Pasar Desa Brengkol dan Pituruh di Kecamatan Pituruh, Pasar Jenar Wetan dan Geparang Purwodadi serta Pasar Krendetan Bagelen. Petugas menyasar belasan pedagang rokok berskala menengah dan besar.

Temuan rokok ilegal hanya di Pasar Brengkol, Pituruh, Jenar Wetan dan Krendetan. Sementara di Pasar Geparang tidak satupun pedagang yang didapati menjualnya. Tim melakukan pembinaan kepada pedagang dan diimbau menolak jika ada distributor yang menawarkan rokok ilegal.

Namun dinas tidak memiliki kewenangan untuk membina pabrik rokok terkait penggunaan cukai. “Bea dan Cukai yang akan membina mereka, jika bandel bisa dipanggil bahkan dapat ditahan. Kami hanya melaporkan saja setiap temuan yang ada di Purworejo,” paparnya. (Jas)

 

Rental Mobil Purworejo

Kami siap jemput & antar ke tujuan Anda. Hubungi kami sekarang juga! Telp 08111800809