Purworejo Rancang Perda Pengelolaan Air Tanah

PURWOREJO – Bupati Purworejo Drs H Mahsun Zain MAg menandaskan, meskipun penggunaan air tanah di wilayah Kabupaten Purworejo saat ini belum berdampak serius terhadap kerusakan lingkungan, namun penggunaan yang berlebihan dan terus dilakukan tentu akan berdampak kurang baik. Bahkan kemungkinan semakin lama akan berakibat terjadinya kerusakan alam.

Untuk mengantisipasi itu, Kamis (21/03/2013) Bupati Purworejo Drs H Mahsun Zain MAg mengajukan rancangan peraturan daerah (Raperda) tentang pengelolaan air tanah kepada DPRD setempat. Penyampaikan raperda itu dilakukan melalui rapat paripurna.

“Pada dasarnya air tanah tidak mempunyai potensi merusak sebagaimana pada air permukaan. Namun daya air tanah akan muncul apabila kondisi dan lingkungan air tanah terganggu, baik akibat pengambilan air tanah yang melebihi daya dukungnya, pencemaran, maupun akibat alam,” kata Mahsun Zain.

Mengingat air tanah berada di bawah permukaan tanah, maka kerusakan yang terjadi pada air tanah tidak terlihat secara langsung. “Sehingga apabila dieksploitasi secara tidak terkendali, dapat mengakibatkan dampak negatif yang luas, sehingga rehabilitasi atau pemulihannya akan sulit dilakukan,” tegas Mahsun Zain. (Nar)

 

Rental Mobil Purworejo

Kami siap jemput & antar ke tujuan Anda. Hubungi kami sekarang juga! Telp 08111800809