Purworejo Antisipasi Penularan Hepatitis A

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rento Ari Nugroho

PURWOREJO - Merebaknya kasus penularan Hepatitis A di Purworejo membuat Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Purworejo segera melakukan penanganan. Setelah hasil positif dari pengujian sampel dari SMKN 7 Purworejo, dinas segera melakukan antisipasi agar penyakit tidak menyebar lebih luas.

Ketika ditemui di kantornya pada Senin (8/4/2013) Kepala DKK Purworejo, Dr Kuswantoro MKes mengungkapkan, secara teknis kasus Hepatitis A tersebut sudah ditangani. Selain itu, mengenai sekolah-sekolah yang berada satu kompleks dengan SMKN 7 Purworejo, Kuswantoro menyatakan pihaknya akan terus melakukan pemantauan.

Untuk SMPN 36 Purworejo yang langsung berdampingan dengan SMKN 7 Purworejo telah dilakukan pengambilan darah. Sementara untuk SDN Kemanukan yang terletak di samping SMPN 36 DKK masih terus mengawasi.

“Bagaimanapun juga, suspect penderita belum mengerucut, karena itu belum bisa diketahui apakah penyakit tersebut memang timbul di Purworejo ataukah dari daerah lain,” jelasnya.

Balai Besar Teknik Lingkungan dan Pemberantasan Penyakit (BBTKLPP) Yogyakarta, sampel telah diterima dan segera diuji. Epidemiolog BBTKLPP, dr Aprilia Rubiana MPH membenarkan hal tersebut ketika dihubungi Tribun Jogja.

“Sebanyak 46 sampel baru saja sampai kantor siang (Senin 8/4/2013) siang tadi. Namun untuk kepastian kapankah hasil bisa diketahui, kami tidak bisa memastikan. Karena, stok reagensia untuk pemeriksaan belum datang sementara stok di Jogja sedang kosong” jelasnya.

Sebelumnya, puluhan siswa dan beberapa guru di SMKN 7 Purworejo jatuh sakit mulai 28 Maret 2013. Setelah dilakukan uji sampel, 50 persen dinyatakan positif terkena Hepatitis A. Hal yang sama terjadi pada SMPN 36 Purworejo, di mana beberapa siswa jatuh sakit awal pekan lalu. Sebanyak 46 sampel darah dan air telah diambil dari siswa dan guru SMPN 36 pada Jumat (5/4/2013). Saat ini DKK masih menunggu hasil uji lab yang dilakukan oleh BBTKLPP Yogyakarta.(*)

 

Rental Mobil Purworejo

Kami siap jemput & antar ke tujuan Anda. Hubungi kami sekarang juga! Telp 08111800809