Puluhan Siswa SMK 7 di Purworejo Terjangkit Hepatitis A

Hepatitis

PURWOREJO – Puluhan siswa SMKN 7 Purworejo dan beberapa guru diduga terkena Hepatitis A. Sejak akhir pekan lalu, siswa yang mengalami gejala mual, pusing, demam, lemas dan disertai mata dan kuku menguning terus bertambah. Diduga, higienitas makanan yang dikonsumsi menjadi media penularan virus tersebut.

Kepala SMKN 7 Purworejo, Bani Mustofa mengungkapkan, sejak beberapa hari terakhir puluhan siswanya terserang penyakit. Gejala yang timbul berupa demam, mual, pusing dan ada pula yang mata dan kukunya menguning. Diduga, mereka terkena Hepatitis A.

“Awalnya, sekitar seminggu yang lalu, sebanyak 11 siswa sakit dengan gejala seperti itu. Namun pada 28 Maret jumlahnya terus bertambah, mencapai 19 kemudian terakhir pada 30 Maret jumlah yang sakit mencapai 31 orang,” jelasnya ketika ditemui di sekolahnya, Selasa (2/4/2013).

Menurutnya, siswa yang sakit tersebut kemudian memeriksakan diri ke Puskemas dan rumah sakit. Setelah ada dugaan hepatitis, pada Senin (1/4/2013) petugas dari Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Purworejo datang ke sekolah untuk mengambil sampel.

Kasi Surveilance Bidang P2PL DKK Purworejo, Triyo Darmaji menjelaskan, pada Senin (1/4/2013) pihaknya telah melakukan pengambilan sampel kepada 23 siswa dari total 31 siswa yang terduga terkena Hepatitis A.

“Dari laporan, terdapat empat orang yang terpaksa menjalani perawatan di rumah sakit. Namun hanya satu orang yang secara klinis telah mengarah ke Hepatitis A,” jelasnya.

Menurut Triyo, media penularan Hepatitis A umumnya melalui makanan dan minuman. Karena itu pihaknya telah melakukan penyuluhan kepada guru dan siswa, terutama mengenai kebersihan kantin sekolah. Selain itu, tindakan penanganan kepada penderita telah dilakukan.

“Sementara, untuk mencegah penularan melalui air, tindakan kaporisasi dengan pemberian kaporit ke air juga telah dilakukan,” katanya.

 

Rental Mobil Purworejo

Kami siap jemput & antar ke tujuan Anda. Hubungi kami sekarang juga! Telp 08111800809