Puluhan Angkot Jalur B Parkir di Halaman Rumdin Bupati Purworejo

PURWOREJO¬†– Puluhan awak angkutan jalur B jurusan Purworejo-Krendetan mogok. Mereka memilih memarkirkan armadanya di halaman rumah dinas (Rumdin) Bupati Purworejo daripada bekerja. Tuntutannya, ketegasan dan kepastian soal polemik trayek angkutan jalur 19, 20, dan 48 yang terus menyerobot rutenya.Aksi tersebut sudah dilakukan sejak Minggu (10/3). Akibatnya, sejumlah penumpang di rute jalur B hingga perempatan Pendowo Purwodadi terlantar.”Kami parkir sampai ada keputusan yang jelas,” kata salah satu awak angkutan jalur B yang tak mau disebutkan identitasnya.Senin (11/3) lalu, permintaan awak angkutan jalur B direspons Dinas Perhubungan (Dishub) Purworejo. Ada 20 petugas Dishub dan polisi lalu lintas turun menertibkan awak angkutan jalur 19, 20, dan 48, di pertigaan Donbosco. Ketegasan petugas disambut aksi serupa. Para pengemudi di jalur 19, 20, dan 48 gantian mogok. Tidak hanya itu, mereka mengikuti langkah awak angkutan jalur B dengan mendatangi Rumdin Bupati Purworejo.Bahkan, perwakilan mereka bertemu Bupati Purworejo Mahsun Zain. Bupati menyarankan seluruh angkutan kembali taat pada jalur masing-masing.”Biar tertib, semua angkutan disarankan kembali beroperasi sesuai trayek masing-masing, Kasihan kan, yang jadi korban adalah warga yang harus dilayani,” kata bupati.

Ketua Paguyuban Jalur 19, 20, dan 48 Tomy Pratama mengatakan, pihaknya bersikukuh akan melintas dari Selatan langsung ke Utara masuk kota, tanpa belok pertigaan Don Bocso Banyuurip. “Di jalur tersebut ada kendaraan umum jalur 1, 14, 34, dan 55. Jika dipaksakan, tidak dapat apa-apa, hanya pemborosan bensin dan waktu saja,” paparnya.

Pantauan Radar Jogja, akibat aksi mogok angkutan jalur B, 19, 20 dan 48, penumpang dirugikan. Banyak warga yang akan ke pusat Kota Purworejo atau sebaliknya jadi terlantar. Salah satu penumpang Satinah, 67, warga Dusu Keposong Desa Kalirejo Kecamatan Bagelen. Sedianya, Satinah akan ke Oasar Baledono Purworejo untuk berjualan. Namun, sejak pukul 07.00, dirinya tidak mendapat angkutan hingga 11.00.(tom/hes)

 

Rental Mobil Purworejo

Kami siap jemput & antar ke tujuan Anda. Hubungi kami sekarang juga! Telp 08111800809