Petani Purworejo Panen Kokosan

Pedagang menawarkan buah kokosan (Foto: Gunarwan)

PURWOREJO – Petani di Kabupaten Purworejo memanen buah kokosan dengan hasil menggembirakan. Hasil panen itu sebagian besar dipasaran ke Kabupaten Kebumen, Magelang dan Yogyakarta.

“Musim panen kokosan hampir merata di daerah pegunungan, namun sebagian sudah langsung diterima pedagang dan dikirim ke luar Purworejo,” kata Kasminah (49) seorang petani dan pedagang kokosan warga Desa/Kecaamtan Loano Purworejo, Jumat (05/04/2013).

Musim kokosan tahun ini lanjut Kasminah, sudah berjalan hampir satu bulan ini, dan diperkirakan dalam waktu satu dua minggu lagi sudah habis. “Buah ini musiman, jika tidak musim tidak ada buah kokosan,” katanya.

Komoditas buah ini lanjut Kasminah, meskipun banyak ditemui di daerah dataran tinggi, namun satu wilayah dengan wilayah lainnya tidak sama. “Kokosan dari Kecamatan Loano dan Kaligesing lebih manis jika dibandingkan dari Kecamatan Bener dan Gebang,” jelasnya.

Harga kokosan dari petani rata-rata sekitar Rp 1.700 per kg, sedang pedagang menjualnya rata-rata Rp 2.000 per kg. “Di luar Purworejo mungkin harganya lebih mahal karena sudah ditangan pedagang lainnya, dan tentunya karena ada onkos kirim,” jelasnya. (Nar)

 

Rental Mobil Purworejo

Kami siap jemput & antar ke tujuan Anda. Hubungi kami sekarang juga! Telp 08111800809