Permohonan Dispensasi Menikah Anak Bawah Umur di Kabupaten Purworejo, Melonjak

Ilustrasi

PURWOREJO –¬†Permohonan dispensasi menikah anak di bawah umur di Kabupaten Purworejo, melonjak. Selama tahun 2012, pemohon dispensasi mencapai 115 pasangan, naik dari 2011 yang sebanyak 104. Sementara pada tahun 2013, jumlah pemohon dispensasi sudah mencapai 38 orang.

Kebanyakan pemohon mengajukan dispensasi, karena takut hubungan pertemanan yang dilakukan menjurus pada perbuatan zina. Bahkan, kurang lebih 80 persen pemohon dispensasi menyatakan sudah pernah melakukan hubungan seks. “Saat membuat dispensasi, kami menanyakan kepada yang bersangkutan tentang mengapa ingin menikah dan hasilnya demikian,” kata Murtaji, Panitera Muda Hukum Pengadilan Agama (PA) Purworejo mendampingi Ketua PA Drs Bahrudin, kepada KRjogja.com,

Berdasar Undang Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan, batas minimal usia menikah bagi perempuan adalah 16 tahun dan laki-laki 19 tahun. Pada usia itu, seseorang dinilai sudah mampu membina kehidupan rumah tangga dan pihak laki-laki juga siap memberikan nafkah.

Namun bagi yang ingin menikah namun masih di bawah ketentuan umur, wajib meminta dispensasi kepada PA. Dispensasi akan diberikan jika pernihakan itu tidak disertai adanya paksaan. Jika orang tua nekat menikahkan anak di bawah umur tanpa dispensasi dan tidak didasari kesukarelaan, lanjutnya, sama dengan melanggar hak asasi.(Jas)

 

Rental Mobil Purworejo

Kami siap jemput & antar ke tujuan Anda. Hubungi kami sekarang juga! Telp 08111800809