Perajin Gula Dapat Pendampingan

Sosialisasi pendampingan perajin gula kelapa. Foto: Gunarwan

PURWOREJO – Para perajin gula kelapa di wilayah Kecamatan Kaligesing Kabupaten Purworejo kini mendapat angin segar setelah ada pendampingan dari Yayasan Kartinem Purworejo. Dalam pendampingan ini pihak
yayasan tidak saja memberikan pelatihan, namun juga pemasaran hasil produksi, sekaligus asuransi bagi para petani.

“Selama ini tidak ada jaminan asuransi bagi para penyadap nira, padahal resikonya cukup tinggi, jatuh dari pohon kelapa.” kata Ketua Yayasan Kartinem Sri Susilowati dalam sosialisasi dengan para perajin gula kelapa di aula Kantor Desa Purbowono Kecamatan Kaligesing, Senin (01/04/2013).

Dalam memberikan palatihan lanjut Sri Susilowati, para pengrajin akan diarahkan pada produksi gula semut yang kini mulai marak dipasaran pengganti gula tebu. “Gula semut juga diminati pasar internasional,” jelasnya.

Selama ini para petani atau perajin hanya memproduksi gula dalam cetakan bambu maupun mangkuk yang terbuat dari tempurung kelapa. Sedang gula semut diproduksi dalam kemasan. Sedang untuk pemasaran yayasan ini juga siap menampung dengan harga yang lebih tinggi dari penjualan selama ini karena telah memiliki pangsa pasar jelas. “Tapi jika petani ingin menjual produknya ke pasar lain juga diperbolehkan,” kata Sri Susilowati. (Nar)

Sumber:

 

Rental Mobil Purworejo

Kami siap jemput & antar ke tujuan Anda. Hubungi kami sekarang juga! Telp 08111800809