Penyelamatan Lingkungan Tanggungjawab Desa

ilustrasi

PURWOREJO -  Penyuluhan Kehutanan Swadaya Masyarakat (PKSM) Kecamatan Pituruh Kabupaten Purworejo mendorong desa-desa di wilayahnya untuk membentuk Peraturan Desa (Perdes) tentang penyelamatan lingkungan. Terutama desa-desa yang masih memiliki hutan rakyat.

“Penyelamatan lingkungan tidak bisa hanya dilakukan di satu desa, namun harus saling terkait antara desa satu dengan lainnya. Dari hulu sampai lihir harus memiliki komitmen yang sama untuk mencegah kerusakan lingkungan,” kata Ketua PKSM Pituruh Ngasisman kepada KRjogja.com di sela-sela pertemuan anggota PKSM di Desa Pituruh, Minggu (31/03/2013).

PKSM yang masih melibatkan 15 desa lanjut Ngasisman, terus melakukan berbagai kegiatan dengan kekuatan sendiri tanpa anggaran pemerintah. Para anggota juga tidak terbatas pada masyarakat jelata, namun juga para tokoh masyarakat, agama, bahkan sebagian pelaku usaha utamanya di bidang pemberdayaan lingkungan, termasuk pembibitan, perikanan dan lainnya.

“Mayoritas pelaku usaha terkait dengan keselamatan lingkungan,” jelasnya. Perdes yang sudah diterbitkan itu mengedepankan sanksi moral dan adat bila ada masyarakat yang melanggar. Dalam perda itu diantaranya dilarang
menangkap ikan di sungai dengan racun atau bahan peledak, melarang menggali lahan sungai dan lainnya. (Nar)

 

Rental Mobil Purworejo

Kami siap jemput & antar ke tujuan Anda. Hubungi kami sekarang juga! Telp 08111800809