Pemkab Purworejo Segera Tertibkan Becak Motor

Gambar Ilustrasi

PURWOREJO – Banyaknya becak motor (Betor) di Kabupaten Purworejo mulai disadari bisa menjadi embrio masalah lalu lintas. Pemkab Purworejo dalam waktu dekat agar segera melalukan penertiban atas beroperasinya alat transportasi roda tiga yang belum diatur dalam UU Lalu Lintas tersebut.

Penertiban tersebut direncanakan oleh Dinas Perhubungan Komunikasi dan Pariwisata setelah ada surat dari Dishub Jawa Tengah terkait tentang penertiban becak bermotor yang dinilai melanggar peraturan.

“Kami sudah berkoordinasi dengan Satlantas Polres Purworejo terkait penertiban bentor. Kami sudah menerima tembusan tentang pemberlakukan peraturan penertiban betor dari Dishub Jawa Tengah,” kata Kabid Lalu Lintas dan Angkutan Jalan pada Dishubkominfopar Kabupaten Purwoejo, Wahyudi kepada wartawan, kemarin.

Dia menjelaskan, meski belum menyatakan pendataan secara resmi, setidaknya ada sekitar 100 betor yang beredar di Purworejo. Betor-betor tersebut menggunakan mesin yang memanfaatkan alat potong rumput dan modifikasi kendaraan roda dua.

“Salah satu dasar penertiban tersebut karena belum ada kajian layak jalan terhadap betor tersebut. Seperti halnya sepeda motor yang dimodifikasi untuk becak bermotor. Itu amat jelas tidak sesuai peruntukkannya,” tambahnya.

Ditambahkan Wahyudi, faktor keamanan penumpang dari modifikasi mesin tersebut menjadi dasar utama penertiban. “Rata-rata kendaraan yang dimodifikasi menjadi bentor itu berasal dari sepeda motor tua yang sebenarnya sudah tidak laik jalan. Sehingga amat membahayakan penumpang betor itu,” katanya.

Dikatakan Wahyudi, selama ini pihaknya memang belum melakukan penertiban atau pembinaan kepada pemilik betor. Dengan alasan belum adanya petunjuk pasti terkait pemanfaatan alat mesin potong dan sepeda motor modifikasi yang dialihfungsikan sebagai mesin betor.

Terpisah, Kasatlantas Polres Purworejo, AKP Sutoyo saat dihubungi membenarkan pihaknya telah berkoordinasi dengan Dishub terkait penertiban becak bermotor di Purworejo.

( Nur Kholiq / CN32 / JBSM )

 

Rental Mobil Purworejo

Kami siap jemput & antar ke tujuan Anda. Hubungi kami sekarang juga! Telp 08111800809