Pemkab Purworejo Ajukan Dana Rp 16 M Atasi Kemiskinan

Ilustrasi

PURWOREJO - Kenaikan angka kemiskinan di Kabupaten Purworejo sebesar 17,5 persen tidak dibantah oleh Pemkab Purworejo. Data Badan Pusat Statistik (BPS) diakui dan untuk penangulangannya Pemkab mengajukan anggaran Rp 16 miliar untuk peningkatkan aksesbilitas alokasi kuota kecamatan.

Hal itu diungkapkan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Drs Sutrisno MSi di sela-sela kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di ruang Arahiwang, baru-baru ini.

Sutrisno menyebutkan, indikator kemiskinan yang dominan adalah di sektor kesehatan, pendidikan dan berkait erat dengan infrasturktur yang beberapa wilayah belum teratasi dengan baik.

“Melihat kenyataan ini, Bappeda Kabupaten Purworejo berencana menguatkan alokasi kuota kecamatan terkait aksesbilitas dan utilitas. Eksekutif sudah sepakat untuk mengalokasikan Rp 16 milar untuk rencana itu, kini tinggal menunggu tanggapan dan persetujuan dewan,” katanya.

Sutirsno menjelaskan, total jumlah penduduk di Purworejo kini sekitar 730 ribu jiwa, dan data BPS tahun 2010 prosentase kemiskinan di Kabupaten Purworejo sebsar 16,1%, dan kini terus meningkat menjadi 17,5%.

Hasil penelitian dan pengamatan, kantong-kantong kemisikinan ternyata ada di pedesaan faktor penyebab utamanya yakni
aksesbilitas yang kurang terpenuhi. Untuk mengentaskan kemiskinan, kata Sutrisno, sebetulnya cukup dua faktor yang perlu dilakukan, yakni meningkatkan pendapatan dan mengurangi pengeluaran.

Sejauh ini masih ada beberapa wilayah yang warganya sulit mencari penghidupan karena akses jalan yang tidak memadai.

“Jika warga mau ke kota mencari pendapatan yang lebih sulit karena tidak ada jalan yang bisa dilalui kendaraan umum, ongkos tinggi sehingga mereka bertahan hidup seadanya di desa. Ekses lain sektor pendidikan, ada di beberapa wilayah anak usia tujuh tahun belum sekolah, lantaran tidak ada sekolah, adapun jauh,” jelasnya.

( Nur Kholiq / CN37 / JBSM )

 

Rental Mobil Purworejo

Kami siap jemput & antar ke tujuan Anda. Hubungi kami sekarang juga! Telp 08111800809