Pemkab Kaji Trayek Kopada Jalur Purworejo – Purwodadi

Sengketa jalur antara Kopada B (oranye) dengan Jalur 19, 20, 48 (kuning) menjadi perhatian serius pemkab. (Foto : Jarot Sarwosambodo)

PURWOREJO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo berencana melakukan kajian terhadap trayek angkutan koperasi pedesaan (Kopada) Jalur 19, 20 dan 48. Kebijakan itu sebagai jawaban atas tuntutan sopir Kopada tiga jalur yang meminta trayek mereka dikembalikan melewati Bosco – Pangenrejo – Purworejo.

Bupati Purworejo Drs H Mahsun Zain MAg mengatakan, pemerintah akan membentuk tim dan akan melaksanakan kajian dalam waktu dekat. “Kami segera bentuk tim yang mengkaji faktor penumpang, jarak dan biaya operasional jika Kopada tiga jalur itu melintasi Jalan Lingkar Selatan Desa Pakisrejo – Kledung Kradenan – Purworejo seperti saat ini. Hasilnya untuk menentukan kebijakan terkait trayek angkutan itu,” ungkapnya kepada KRjogja.com, Rabu (13/3).

Namun pemkab tidak mengizinkan permintaan sopir dan pengusaha yang menghendaki lewat jalur Bosco – Pangenrejo – Purworejo sebelum dan saat dilakukan kajian. Bupati menyatakan, pemkab tetap berpegangan pada Surat Keputusan (SK) yang dibuat tahun 1995 tentang pengalihan jalur 19, 20 dan 48 melewati Jalan Lingkar Selatan Purworejo.

Selain itu, Bupati meminta sopir untuk mengambil kendaraan yang diparkir di halaman pendopo dan kembali beroperasi seperti biasa. “Masyarakat harus tetap dilayani, pemerintah menjamin akan mengambil langkah terkait persoalan itu,” tegasnya.

Sejumlah awak Kopada Jalur 19, 20 dan 48 menyatakan, secara historis mereka berhak melintas lewat Kelurahan Pangenrejo untuk menuju Purworejo. Sejak tahun 70-an hingga 1995, angkutan yang kala itu menggunakan mesin diesel sudah beroperasi melintasi Pangenrejo.

“Namun, tahun 1995, pemerintah membuat kebijakan peremajaan kendaraan dan meminta kendaraan diesel jalur Purworejo – Purwodadi berbelok lewat Bosco – Pakisrejo – Kledung Kradenan – Purworejo. Lantas diisi Kopada Jalur B Purworejo – Bagelen dan ketika kami ingin kembali mereka menolak,” papar Cokro Hartono, sopir Kopada Jalur 19 warga Kembangkuning Ngombol. (Jas)

 

Rental Mobil Purworejo

Kami siap jemput & antar ke tujuan Anda. Hubungi kami sekarang juga! Telp 08111800809