Pemerintah Bantu 50 Light Trap Kepada Sejumlah Kelompok Tani Di Purworejo

Light Trap terpasang di persawahan Purworejo. (Foto : Jarot Sarwosambodo)

PURWOREJO - Pemerintah membantu 50 light trap atau pemerangkap cahaya kepada sejumlah kelompok tani di Kabupaten Purworejo. 90 Persen fasilitas tersebut sudah terpasang di tengah sawah dan berfungsi.

Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian dan Kehutanan (Distanhut) Kabupaten Purworejo Ir Eko Anang SW mengatakan, fasilitas itu memudahkan petani dalam memantau organisme pengganggu tanaman (OPT) padi. “Alat itu bekerja pada malam hari dan menangkap serangga,” ungkapnya kepada KRjogja.com, Rabu (13/03/2013).

Light trap bekerja menggunakan energi bersumber dari cahaya matahari. Fasilitas tersebut memiliki sel surya yang mengubah cahaya menjadi listrik dan menyimpannya dalam baterai.

Pada malam hari, lampu pada alat tersebut akan menyala dan menarik perhatian serangga termasuk OPT. OPT yang mendekat akan terperangkap dalam kotak penyimpan yang selalu dicek oleh petugas pemantau hama. “Dapat diketahui populasi OPT di satu areal persawahan, jika populasinya di atas ambang batas, bisa segera ditangani,” tuturnya. (Jas)

 

Rental Mobil Purworejo

Kami siap jemput & antar ke tujuan Anda. Hubungi kami sekarang juga! Telp 08111800809