Pembatasan Alih Fungsi Lahan Semakin Sulit

Alih fungsi lahan marak di Purworejo. (Foto: Gunarwan)

PURWOREJO – Pembatasan alih fungsi lahan pertanian, terutama lahan sawah di Kabupaten Purworejo semakin sulit. Mengingat pertumbuhan pemukiman penduduk semakin pesat dan sebagian besar justru memanfaatkan lahan produktif.

“Pengendalian ini sangat sulit karena penguasaan lahan di Purworejo mayoritas pada hak milik warga,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan (Dispertanhut) Purworejo Ir Dri Sumarno, Jumat (05/04/2013).

Sebenarnya lanjut Dri Sumarno, pembatasan alih fungsi lahan itu sudah ada aturannya, yakni Undang-undang (UU) Nomor 41 tahun 2009 tentang perlindungan lahan pertanian pangan berkelanjutan. “UU ini juga sudah ditindaklanjuti dengan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 27 tahun 2011, tentang rencana tata ruang wilayah, namun karena lahan itu merupakan hak milik penduduk, sehingga pemerintah mengalami kesulitan untuk mengendalikan,” jelas Dri Sumarno.

Akibatnya, lahan pertanian terutama sawah di Purworejo setiap tahun terus berkurang dan tidak pernah ada pembukaan lahan sawah baru. “Ini jelas akan mengancam ketahanan pangan di Purworejo,” kata Dri Sumarno. (Nar)

 

Rental Mobil Purworejo

Kami siap jemput & antar ke tujuan Anda. Hubungi kami sekarang juga! Telp 08111800809