Pasca-UN, Pencari SKCK di Polres Purworejo Membeludak

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rento Ari Nugroho

Puluhan pencari SKCK memadati loket pelayanan SKCK di Polres Purworejo, Senin (29/4/2013). Beberapa hari pasca-UN SMA dan sekolah setingkatnya, jumlah pencari SKCK di Polres Purworejo meningkat tajam.

TRIBUNJOGJA.COM, PURWOREJO – Beberapa pekan usai Ujian Nasional SMA, SMK dan MA, jumlah pencari Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di Polres Purworejo melonjak tajam. Hal ini disebabkan lulusan sekolah menengah tersebut bersiap memasuki dunia kerja. Karena itu SKCK yang menjadi satu dari beberapa persyaratan umum melamar pekerjaan diburu oleh para calon lulusan tersebut.

Berdasarkan pantauan Tribun Jogja di kantor pelayanan SKCK Polres Purworejo pada Senin (29/4/2013) puluhan pencari SKCK yang didominasi pelajar berseragam putih abu-abu tampak memadati loket pelayanan. Mereka tampak sibuk mengambil formulir, mengisi blangko, kemudian menyerahkannya.

Seorang pelajar dari SMKN 1 Purworejo, Tika Rohimi (18) mengatakan, ia sengaja mencari SKCK jauh hari sebelum tenggat waktu lowongan. Karena itu, tidak lama setelah menyelesaikan UN, ia segera menyiapkan berkas yang diperlukan.

“Saya mau melamar ke perusahaan mainan di Cikarang. Karena masih pertama kali mencari SKCK, saya sengaja datang awal. Takutnya syaratnya kurang atau gimana. Kalau datang sejak awal kan nggak terlalu banyak antre,” jelasnya ketika ditemui di halaman Mapolres Purworejo.

Sementara itu, Kapolres Purworejo melalui Kasat Intelkam AKP Cipto Rahayu mengungkapkan, sejak beberapa hari terakhir, permintaan SKCK meningkat tajam. “Biasanya sehari hanya 10-20 permintaan saja, kini kami bisa melayani 75-100 SKCK setiap hari, didominasi siswa yang baru saja menyelesaikan UN. Asal syaratnya lengkap, kami layani dengan cepat,” jelasnya.(*)

 

Rental Mobil Purworejo

Kami siap jemput & antar ke tujuan Anda. Hubungi kami sekarang juga! Telp 08111800809