Panwas Purworejo Ingatkan Caleg Patuhi Aturan

Purworejo, Antara Jateng – Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, mengingatkan kepada para bakal calon anggota legislatif dan partai politik agar mematuhi berbagai aturan tentang pelaksanaan pemilu.

“Yang paling krusial terutama yang terkait dengan ancaman pidana pemilu, berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2012 tentang Pemilu DPR, DPD, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten atau kota,” kata Anggota Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Panwas Pemilu Kabupaten Purworejo Nur Kholiq saat acara Orientasi Bakal Caleg Partai Demokrat Kabupaten Purworejo di Purworejo, Minggu.

Pihaknya bersama kepolisian dan kejaksaan setempat telah menandatangani nota kesepahaman tentang Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakumdu) terkait dengan penanganan tindak pidana pemilu.

Ia menjelaskan bahwa Sentra Gakumdu Kabupaten Purworejo akan mengkaji berbagai temuan dan laporan tentang dugaan pidana pemilu mendatang.

“Baik tentang pemilihan gubernur maupun pemilu legislatif. Tentunya kami berharap tidak terjadi pelanggaran pidana pemilu dan peserta pemilu di Purworejo ini bisa memahami dengan baik berbagai regulasi pemilu,” katanya.

Pada kesempatan itu Kholiq menjelaskan tentang UU Nomor 8/2012 yang terdiri atas 57 pasal yang mengatur tentang pidana pemilu, baik oleh peserta pemilihan, penyelenggara pemilu, badan pengawas pemilu, masyarakat, dan pelaksana kampanye.

Ia mencontohkan tentang pelanggaran pidana pemilu, antara lain kampanye di luar jadwal dan melibatkan kepala desa, perangkat desa, pegawai negeri, aparat kepolisian, dan TNI.

Ketua Panwas Pemilu Kabupaten Purworejo Gunarwan juga mengingatkan pentingnya partai politik di daerah itu menaati berbagai aturan pemilihan.

Selain Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2012, katanya, telah keluar juga Peraturan KPU Nomor 1 Tahun 2013 tentang Pedoman Pelaksanaan Kampanye Pemilu Anggota DPR, DPD, dan DPRD yang harus dipatuhi oleh parpol dan para bakal caleg.

Ia mengakui hingga saat ini belum keluar peraturan bupati setempat tentang lokasi kampanye di daerah itu. Kampanye Pemilu 2014 telah mulai sejak 11 Januari 2013.

Ia mengharapkan perbub itu segera keluar. Perbup itu mengatur tentang lokasi yang boleh untuk kampanye pemilihan.

Ia mengatakan kampanye pemilihan sudah bisa dilakukan oleh peserta pemilu, antara lain dalam bentuk pertemuan terbatas, tatap muka, penyebaran materi kampanye pemilu kepada publik, dan pemasangan alat peraga di tempat umum.

 

Editor : M Hari Atmoko
 

Rental Mobil Purworejo

Kami siap jemput & antar ke tujuan Anda. Hubungi kami sekarang juga! Telp 08111800809