Operasi Gratis 40 Penderita Katarak

PURWOREJO (radarjogja.co.id) - Sebanyak 40 penderita katarak di Purworejo menjalani operasi gratis di RS Aisyiyah kemarin (9/4). Kegiatan bakti sosial (baksos) untuk warga kurang mampu atas kerjasama Divisi 2 Kostrad, Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami), PMI, dan RS Aisyiyah Purworejo. Selain operasi katarak gratis, baksos diisi pemeriksaan mata dan pembagian kaca mata gratis bagi 60 siswa SD. Adapun donor darah massal diikuti 270 anggota Yonif 412 Raider Kostrad. Kegiatan dilakukan di dua lokasi. Yaitu donor darah dan pemeriksaan mata di markas Yonif 412 Raider Kostrad. Sedangkan operasi katarak dipusatkan di RS Aisyiyah Purworejo.

Ketua Koordinator Pelaksana Operasi Katarak Retna Widawati menjelaskan, di Indonesia ada tiga juta penderita katarak. Jumlah itu terus bertambah, rata-rata 240 ribu setiap tahun. Karena itu, PT Sidomuncul terdorong melakukan CSR membantu penderita katarak.”Ada survei yang menyebut, penderita katarak di Indonesia tertinggi di dunia nomor dua setelah Ethiopia. Ini menjadi keprihatinan bersama, dan menyentuh kami untuk menjalankan CSR, khusus bagi penderita katarak,” kata Retna.Retna melanjutkan, operasi katarak telah dilakukan di 25 provinsi, 119 kota bersama 165 rumah sakit. Beberapa daerah yang mendapat bantuan, di antaranya Aceh, Sumut, Sumbar, Sumsel, Lampung, Bengkulu, Riau, Kepulauan Riau, Jatim, Jabar, Jateng, DIJ, Bali, DKI Jakarta, Kepulauan Bangka Belitung, NTB, NTT, Maluku Utara, Sulsel, Sulut, Sulawesi Tenggara, Sulteng, Gorintalo, Kalsel dan Kaltim.

“Purworejo merupakan kota ke-119 yang didatangi dan  bekerja sama dengan Divisi 2 Kostrad,” terangnya. Bersama Perdami, telah dirintis baksos operasi katarak gratis bagi warga kurang mampu sejak 2011. Ini bertepatan dengan pencanangan gerakan penanggulangan buta katarak di Indonesia oleh pemerintah. Tahun 2011, sedikitnya 6 ribu mata penderita katarak dioperasi. Pada 2012, Perdami mengoperasi 12.746 mata. “Nah tahun ini, kami berkomitmen mengoperasi 12 ribu mata penderita katarak. Sejauh ini sudah 1.990 mata penderita katarak yang dioperasi secara gratis,” imbuhnya.

Baksos operasi katarak mendapat dukungan banyak pihak. Mulai dari Pemda tingkat I dan II, Kementerian Pembangunan Daerah Tertingga (PDT) RI, Kementerian Kehutanan RI, Kementerian Kesehatan RI, Mabes TNI, Polri, UI, UGM, Undip, PBNU Fatayat, rumah sakit, dan klinik mata, LSM serta lainnya.”Program CSR operasi katarak yang dilakukan telah mendapat pengakuan Enterprise Asia dengan diterimanya Asia Responsible Entrepreneurships Award 2011, atas program CSR Katarak yang diserahkan di Roselle Marina Bay Sand Singapore,” bebernya. Dokter spesialis mata Prof Suharjo menambahkan, pelaksanaan operasi ditemani sejumlah dokter spesialis mata yang tergabung dalam Perdami cabang Jogjakarta,
“Ada delapan dokter spesialis mata yang diterjunkan dalam baksos operasi katarak di Purworejo.Tidak hanya selesai dengan operasi, pasien juga mendapat pendampingan hingga sembuh, dengan rumah sakit rujukan (RS Aisyiyah Purworejo, Red),” imbuh Suharjo yang juga dosen UGM ini.Menurut Suharjo, kebanyakan katarak menyerang warga lanjut usia. Pada dasarnya, katarak bisa disembuhkan  hingga tingkat kesembuhan 90 persen atau pulih sempurna. “Secata teknis, operasi yang dilakukan mengangkat selaput penutup retina mata yang membuat pasien tidak bisa melihat,” paparnya.Asisstant Territorial Divisi 2 Kostrad Kolonel Inf Junaedi menyambut baik kegiatan bakti sosial yang melibatkan AD. “Awalnya, ada 200 lebih pasien yang terdata. Setelah di seleksi, yang mendapat prioritas ada 86 pasien yang berhak mendapat bantuan operasi gratis. Ada 40 pasien dioperasi hari ini. Sedangkan, 46 sisanya di operasi di Magelang dalam waktu dekat,” katanya. Pelaksanaan donor darah diikuti anggota TNI Yonif 412 Raider Kostrad. “Dilakukan PMI cabang Purworejo di Markas Yonis 412 Raider Kostrad,” katanya.Pasien Katarak, Sarmini, 63, warga Bapangsari mengakui ia memproleh informasi operasi katarak gratis dari petugas Babinsa.”Saya sudah tidak bisa melihat dengan normal. Saran melakukan operasi selalu terkendala biaya. Kebetulan ada operasi gratis,” katanya.(tom/hes)

 

Rental Mobil Purworejo

Kami siap jemput & antar ke tujuan Anda. Hubungi kami sekarang juga! Telp 08111800809