Normalisasi Sungai Pasir, Wabub Purworejo Pasang Badan

Warga membersihkan pasir yang menutup Sungai Pasir. (Foto : Gunarwan)

PURWOREJO - Wakil Bupati (Wabub) Purworejo Suhar berjanji akan bertanggungjawab terhadap keamanan pembangunan normalisasi Sungai Pasir atau Sungai Lereng 2 di wilayah Kecamatan Ngombol Purworejo. Hal ini dilakukan karena selama ini daerah selatan Purworejo dinilai tidak pernah aman bagi pelaku proyek.

“Saya menyadari itu dan saya akan pasang badan, untuk menjamin keamanan proyek normalisasi Sungai Pasir,” katanya, Kamis (7/3).

Proyek normalisasi Sungai Pasir menurut rencana akan dilakukan tahun anggaran 2013 ini dengan dana Rp 5 miliar dan dibangun secara bertahap dengan dana keseluruhan sekitar Rp 13 miliar.

Normalisasi Sungai Pasir ini menurut Suhar, sangat penting karena jika tidak dilakukan maka daerah pertanian di pesisir selatan Purworejo akan selalu dilanda banjir. “Banjir tidak hanya pada musim penghujan namun juga pada musim kemarau karena air laut pasang,” jelas Suhar.

Sungai Pasir yang membentang di pantai selatan sejak Kecamatan Ngombol hingga Purwodadi, hampir semua tebingnya pasir karena berada di pinggir pantai. Namun jika tidak dinormalisasi, maka air laut saat pasang akan membawa material pasir dan akan membendung sungai. (Nar)

 

Rental Mobil Purworejo

Kami siap jemput & antar ke tujuan Anda. Hubungi kami sekarang juga! Telp 08111800809