Nelayan Purworejo Panen Tengiri

Nelayan Jatimalang menimbang ikan tengiri.Foto: Jarot

PURWOREJO¬†– Nelayan pesisir selatan Kabupaten Purworejo panen ikan tengiri. Sekali melaut, setiap perahu mampu mendaratkan minimal 15 kilogram ikan untuk ekspor itu. Musim tengiri mulai terjadi sejak seminggu terakhir. “Akhir-akhir ini, tengiri mudah didapat. Caranya dengan memancing trolling,” ungkap Yadi (29) nelayan warga Desa Jatimalang Kecamatan Purwodadi, kepada KRjogja.com, Rabu (27/03/2013).

Menurutnya, hampir seluruh perahu turun melaut menangkap ikan. Pasalnya, nelayan mendapat keuntungan berlipat karena harga ikan tengiri yang mencapai Rp 45.000 perkilogram. Kendati laut tidak menentu, namun nelayan menilai perairan masih bisa diarungi dengan perahu cadik. “Kami sadar, kondisi alam terutama di tengah laut tidak menentu, namun karena hasilnya bagus, tetap berangkat,” ucapnya.

Pengurus Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Jatimalang Warsito (37) menambahkan, omzet yang dihasilkan nelayan setiap hari hingga mencapai belasan juta rupiah. “Bahkan ada satu perahu yang bisa mendapat penghasilan kotor Rp 5 juta. Nilai itu baru kalah ketika nelayan sedang panen ikan bawal atau lobster,” paparnya.(Jas)

 

Rental Mobil Purworejo

Kami siap jemput & antar ke tujuan Anda. Hubungi kami sekarang juga! Telp 08111800809