Mesin Rusak, Biodiesel Patutrejo Terbengkalai

Mesin pengepresan biji nyamplung DME Pututrejo.Foto : Jarot Sarwosambodo

PURWOREJO (KRjogja.com) – Instalasi pembuatan biodiesel dari biji nyamplung proyek Desa Mandiri Energi (DME) Patutrejo Kecamatan Grabag Kabupaten Purworejo terbengkalai. Mesin itu tidak dapat memproduksi biodiesel karena mengalami kerusakan sejak kurang lebih empat bulan terakhir.

Pihak desa maupun lembaga pengelola instalasi tersebut tidak mampu melakukan perbaikan karena keterbatasan dana. “Kerusakan pada mesin pengepresan dan kabarnya butuh Rp 30 juta untuk perbaikan, kami juga tidak bisa mereparasi sendiri karena secara teknis memang tidak mampu,” kata Barino, Penanggungjawab Operasional DME Patutrejo, kepada KRjogja.com, Senin (8/4).

Menurutnya, pemerintah terkesan lepas tangan dengan instalasi yang diresmikan oleh Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan pada tahun 2009 itu. Menurutnya, pengelola memerlukan pembinaan berkelanjutan untuk menciptakan pasar dan mengoptimalkan produksi.

Instalasi tersebut sudah dua kali tidak beroperasi. Pada tahun 2011, percontohan dari Kementerian Kehutanan itu gagal beroperasi karena mahalnya biaya produksi. Rendahnya kapasitas produksi yang hanya seratus liter perhari menjadi salah satu penyebabnya.

Namun pemerintah kabupaten dan pengelola DME mengupayakan efisiensi pada mesin dan berhasil menekan biaya produksi. “Minyak bisa dijual Rp 9.500 – Rp 10.000 perliter dan usaha membuka pasar mulai berhasil,” ucapnya.

Sejumlah perusahaan dan lembaga pemerintah berminat membeli biodiesel produksi DME Patutrejo. Bahkan ada perusahaan yang berani membeli ‘crude oil’ atau minyak mentah sulingan biji nyamplung Rp 12.500 perliter. Namun dengan pertimbangan kapasitas produksi yang rendah dan tidak bisa kontinyu karena kondisi mesin, pengelola DME tidak berani merespon pasar.

Apalagi setelah rusaknya mesin pengepresan yang menjadi ‘inti’ instalasi itu karena bekerja memeras minyak biji nyamplung kering. “Setiap kali ada calon pembeli, pasti kami ditanya sampel dan kapasitas produksi. Sementara mesin rusak, kami tidak bisa bekerja,” paparnya. (Jas)

 

Rental Mobil Purworejo

Kami siap jemput & antar ke tujuan Anda. Hubungi kami sekarang juga! Telp 08111800809