Massa Bentrok dengan Aparat Kepolisian Purworejo

PURWOREJO – Massa bentrok dengan aparat Polres Purworejo di depan kantor KPU Kabupaten Purworejo kemarin (7/3). Mereka marah dan menuntut proses penghitungan surat suara ulang di TPS 03 Pangen Jurutengah Purworejo yang dinilai sarat kecurangan. Adegan ini bukanlah kejadian sebenarnya, melainkan simulasi latihan kontijensi penanganan rusuh massa dalam rangka pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur (Pilgub) Jateng 2013 yang dilakukan yang jajaran Polres Purworejo.Saat simulasi, Jalan Proklamasi di sisi Selatan Alun-alun Purworejo ditutup sementara. Arus kendaraan dialihkan. Tidak sedikit warga dan pengguna jalan terkejut dan mengira terjadi aksi demonstrasi besar-besaran. Adegan paling seru saat aksi pembubaran massa yang disertai adu fisik hingga gas air mata ditembakkan polisi. Para demonstran lari tunggang langgang dan sebagian terjungkal menyelamatkan diri. Simulasi ini melibatkan 337 anggota kepolisian dan berlangsung sejak pukul 08.00. Ratusan anggota pengendali massa (Dalmas) Polres Purworejo lengkap dengan perisai, pentungan, dan gas air mata disiagakan. Mereka berjajar rapat membuat pagar hidup. Puluhan polisi wanita (Polwan) ditempatkan di garda depan untuk negosiator. Perwakilan demonstran diizinkan menemui ketua KPU.

KPU tetap mengesahkan hasil penghitungan suara di TPS 03 Pangen Jurutengah. Negosiasi dead lock, perwakilan demonstran keluar menemui masa dan suasana kembali memanas.”KPU tetap mengesahkan hasil pemungutan suara di TPS 03. Berarti, Pilkada Jateng cacat hukum. Kami tolak kawan-kawan! Hidup demokrasi! Hidup rakyat!,” teriak korlap aksi membakar perlawanan pengunjuk rasa.

Emosi tersulut. Situas caos terjadi. Massa tidak mau meninggalkan lokasi dan bertindak brutal. Pagar betis aparat kepolisian merangsak ke depan, mendesak massa. Terjadilah kontak fisik. Kapolres Purworejo AKBP M Taslim Chairuddin SIK MH menjelaskan, simulai ini menjadi cek uji kesiapan anggota menghadapi segala kemungkinan situasi Pilkada 2013 mendatang.

“Simulasi ini dirancang tiga hari. Pertama, diawali pembekalan, teknik pengamana TPS, dan terakhir simulasi menghadapi massa yang hendak mendemo kantor KPU Purworejo. Semua berjalan lancar dan sesuai yang diiinginkan,” kata Taslim didampingi Kabag Humas Polres Purworejo AKP Suyadi. (tom/hes)

 

Rental Mobil Purworejo

Kami siap jemput & antar ke tujuan Anda. Hubungi kami sekarang juga! Telp 08111800809