LSM Kartinem: Penderes Nira Purworejo Perlu Perlindungan Keselamatan

Penderes Nira Perlu Perlindungan Keselamatan

PURWOREJO - Jumlah penderes nira kelapa yang digunakan sebagai bahan baku pembuatan gula kelapa di Kabupaten Purworejo jumlahnya sangat banyak. LSM Kartinem bahkan mendata jumlah penderes mencapai ribuan orang, sebagian merupakan warga perantau dari luar daerah.

Ketua LSM Kartinem Sri Susilowati SE menyebutkan, para penderas nira itu bekera di kebun-kebun kelapa milik pribadi dan sebagian mengontrak pohon. Mereka tersebar di wilayah Kecamatan Kaligesing, Purwodadi, Bagelen, dan Grabag.

Menurut Susilowati, selama ini sebenarnya sering terjadi kasus kecelakaan kerja yang menimpa para penderes nira. “Laporan yang kami terima sering ada yang jatuh saat memanjat pohon. Penderes yang jatuh itu otomatis mengalami luka, bahkan tidak sedikit yang cacat seumur hidupnya,” katanya.

Sejauh ini, sambungnya, belum ada program perlindungan khusus bagi para penderes nira. Padahal hasil kerja mereka juga memberikan kontribusi dalam menggerakkan perekonomian, khususnya dalam mendukung kesuksesan program agrobisnis.

“Alangkah baiknya jika ada semacam program layanan asuransi bagi para penderes nira. Kartinem sedang mendampingi para perajin gula kelapa organik untuk pengurusan sertifikat produk supaya bisa diekspor. Kami sedang berupaya mencarikan program yang bisa memberikan proteksi bagi para penderes,” katanya.

Susilowati berharap jika memungkinkan Pemkab Purworejo memberikan layanan dalam bentuk proteksi bagi para penderes. Misalnya dengan mengikutkan asuransi yang preminya ditanggung APBD atau sharing dengan penderes itu sendiri.

( Nur Kholiq / CN34 / JBSM )

 

Rental Mobil Purworejo

Kami siap jemput & antar ke tujuan Anda. Hubungi kami sekarang juga! Telp 08111800809
sukoco says:

Bagus kalo ga pake iuran :D