Lima Ribu Rumah di Purworejo Tak Layak Huni

Salah satu rumah tak layak huni di Purworejo sedang direhab. (Foto : Jarot Sarwosambodo)

PURWOREJO РKurang lebih 5.000 rumah di Kabupaten Purworejo dalam kondisi tidak layak huni. Untuk tahun 2013, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo mengusulkan bantuan rehab untuk 150 rumah kepada Kementerian Sosial RI. Pemerintah juga melobi sejumah pengusaha untuk mau menurunkan bantuan sosial untuk memperbaiki permukiman tidak layak itu.

Rumah tersebut tersebar di 16 kecamatan seluruh Purworejo. “Mereka memang keluarga miskin dan penghasilan tidak seberapa, hingga tidak mampu membangun rumah layak huni,” kata Gentong Sumharjono SSos, Kepala Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Sosial (Disnakertransos) Kabupaten Purworejo, kepada KRjogja.com, Kamis (14/3).

Pemerintah secara bertahap mengusulkan bantuan rehab rumah tidak layak itu kepada pemerintah. Selain itu, sejumlah perusahaan juga ikut berperan membantu rehab, sesuai dengan program yang sedang dijalankan pemkab.

Kendati demikian, rehab rumah tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah dan swasta. Perlu peran serta dan swadaya dari masyarakat sekitar pemilik rumah tidak layak huni itu.

Pasalnya pemerintah memiliki keterbatasan anggaran. “Anggaran kami terbatas, misal ada bantuan rehab Rp 10 juta perrumah, mestinya masyarakat sekitar mau ikut swadaya menyumbangkan tenaga atau bahan lain sesuai kemampuannya, sehingga nilai bantuannya bertambah,” tuturnya.¬†(Jas)

 

Rental Mobil Purworejo

Kami siap jemput & antar ke tujuan Anda. Hubungi kami sekarang juga! Telp 08111800809