Konsumsi Ikan Masyarakat Purworejo Masih Rendah

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rento Ari Nugroho

Ilustrasi (antarafoto)

TRIBUNNEWS.COM, PURWOREJO – Meskipun memiliki kawasan pesisir yang produktif dalam menghasilkan produk tangkapan berupa ikan, namun konsumsi ikan masyarakat Kabupaten Purworejo masih sangat rendah.

Selain adanya kesulitan akses mendapatkan ikan untuk sebagian penduduk, sejumlah kepercayaan masih menghambat pertumbuhan konsumsi ikan.

Kepala Dinas Kelautan, Perikanan dan Peternakan (Dilatanak) Kabupaten Purworejo melalui Plt Kasi Bina Teknologi Penangkapan dan Sumberdaya, Eko Paskiyanto API MM menjelaskan, konsumsi makan ikan masyarakat Kabupaten Purworejo sekitar 9,3 kilogram/tahun. Angka ini masih rendah dari target 12,1 kilogram/tahun.

“Kendalanya antara lain perbedaan pola hidup karena perbedaan kondisi geografis. Ada pula image yang berkembang bahwa makan ikan dapat menyebabkan pusing, diare, kolesterol, alergi, dan cacingan. Di samping itu ikan masih dianggap makanan mahal,” jelas Eko ketika dikonfirmasi, Minggu (28/4/2013).

Namun, lanjut Eko, upaya pihaknya untuk meningkatkan konsumsi ikan mendapatkan dukungan dari pemerintah Kabupaten Purworejo. Pada awal tahun ini telah terbentuk Forikan di Purworejo. Melalui lembaga ini, sejumlah upaya nyata telah disiapkan.

 

Rental Mobil Purworejo

Kami siap jemput & antar ke tujuan Anda. Hubungi kami sekarang juga! Telp 08111800809