Kendaraan Dinas Disdukcapil Purworejo Dikandangkan

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rento Ari Nugroho

TRIBUNJOGJA.COM, PURWOREJO – Sebagian sepeda motor plat merah yang dipakai oleh pegawai Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Purworejo mulai dikandangkan. Hal tersebut dilakukan setelah kendaraan tersebut dinilai tidak layak pakai dan mahal dalam perawatan dan pemakaiannya.

Berdasarkan pantauan Tribun Jogja pada Kamis (25/4/2013), sedikitnya ada 15 sepeda motor pelat merah merk Suzuki Bravo dan Yamaha Alfa yang dikandangkan di tempat parkir di kompleks Disdukcapil. Namun, sepeda motor tersebut secara fisik tidak semuanya dalam keadaan rusak alias kondisinya masih baik.

Plt Kepala Disdukcapil Purworejo, Said Romadhon menjelaskan, sepeda motor tersebut milik pegawai UPT Capil di masing-masing Kecamatan di Purworejo. Pengandangan itu disebabkan sepeda motor itu dinilai sudah tidak layak.

“Itu milik pegawai UPT Capil Kecamatan. Kendaraannya sudah tidak layak. Beberapa sudah ada yang jebol. Apalagi sekarang harus pakai Pertamax. Lebih mahal dan lebih boros,” ungkapnya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Kamis (25/4/2013).

Said melanjutkan, pengumpulan kendaraan yang sudah tak layak itu kemudian akan diserahkan ke Bupati untuk kemudian dapat ditindaklanjuti oleh bagian Aset, Dinas Pengelolaan Pendapatan Keuangan Asli Daerah (DP2KAD).

“Yang penting nanti kita serahkan kepada Bupati dan nanti terserah dari DP2KAD akan mengelolanya seperti apa,” imbuhnya.

Terpisah, Kepala Bidang Pengelolaan dan Aset Daerah DP2KAD Kabupaten Purworejo Setiyo Budi Wahyono mengaku belum mengetahui adanya pengandangan sepeda motor pelat merah di dinas tersebut. Namun, Tiyo, panggilan Setiyo Budi Wayono mengatakan, penarikan aset daerah dari penguna (pegawai) dapat dilakukan jika kendaraan tersebut sudah tidak layak dan rusak.

“Kalau alasannya hanya karena Pertamax mahal, kan sebenarnya ada biaya perawatan masing-masing kendaraan. (*)

 

Rental Mobil Purworejo

Kami siap jemput & antar ke tujuan Anda. Hubungi kami sekarang juga! Telp 08111800809