Kawasan Pantai Selatan Purworejo Dihijaukan

Warga Grabag menanam bibit pohon di pantai.Foto : Jarot Sarwosambodo

PURWOREJO - Kawasan pantai seluas 40 hektare dari total kurang lebih seratus hektare di sembilan desa Kecamatan Grabag, Ngombol dan Purwodadi Kabupaten Purworejo dihijaukan. Pemerintah dan masyarakat menanam sedikitnya 22 ribu bibit pohon. Kendati demikian, warga pesisir yang bertugas merawat pohon kesulitan karena kondisi ekstrim kawasan pantai.

Pemerintah membantu bibit pohon cemara laut, ketapang dan nyamplung kepada petani. “Memang tanaman itu tahan di kawasan ekstrim, namun perawatannya harus maksimal,” ungkap Ir Argo Prasetyo Kabid Kehutanan Dinas Pertanian dan Kehutanan (Distanhut) Kabupaten Purworejo, kepada KRjogja.com,� Rabu (27/2).

Lahan pasir bersuhu antara 60 – 70 derajat celcius pada kedalaman tanah sepuluh sentimeter. Jarang tumbuhan bisa hidup pada kondisi luar biasa seperti itu jika tidak ada perlakuan pada lahan.

Penghijauan dilakukan mulai seratus meter dari garis pantai, memanjang mulai Ketawangrejo, Patutrejo dan Harjobinangun (Grabag), Keburuhan, Pagak, Malangrejo, Wero, Girirejo (Ngombol) serta Jatimalang (Purwodadi). Selain pemerintah dan masyarakat, penghijauan dilakukan investor kebun buah naga di wilayah pantai Jatimalang, Pagak, Wero dan Girirejo.

Menurutnya, investor juga dilibatkan karena mereka secara aturan berdiri pada kawasan konservasi. “Kami minta mereka ikut menghijauakan pantai dan setuju. Investor menanam 6.000 nyamplung, kelapa dan cemara udang pada lahan seluas 20 hektare,” paparnya. (Jas)

 

Rental Mobil Purworejo

Kami siap jemput & antar ke tujuan Anda. Hubungi kami sekarang juga! Telp 08111800809