Jumlah Kursi DPRD Purworejo Tidak Berubah

Rapat koordinasi pembagian Dapil. (Foto: Gunarwan) - krjogja.com

Rapat koordinasi pembagian Dapil. (Foto: Gunarwan) – krjogja.com

Jumlah kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Purworejo untuk Pemilu legislatif tahun 2014 sebanyak 45 kursi. Jumlah itu akan diusulkan oleh KPU Purworejo ke KPU pusat melalui provinsi setelah mendapat persetujuan dari partai politik (Parpol) peserta Pemilu 2014.

“Jumlah itu tidak berubah dari Pemilu tahun 2009. Jua sudah sesuai dengan aturan karena penduduk Purworejo belum mencapai satu juta jiwa,” kata Ketua KPU Purworejo Muslikhin Madiani, Kamis (28/02/2013).

Dari 45 kursi itu lanjut Muslikhin Madiani, dibagi dalam enam daerah pemilihan (Dapil). Masing-masing untuk Dapil Purworejo satu (Kecamatan Purworejo dan Kaligesing) 7 kursi, Purworejo II (Ngombol, Purwodadi, dan Bagelen) 6 kursi, Purworejo III (Banyuurip dan Bayan) 6 kursi, Purworejo IV (Kecamatan Gebang, Loano, dan Bener) 8 kursi, Purworejo V (Grabag, Kutoarjo, dan Butuh) 9 kursi, dan Purworejo VI (Kecamatan Pituruh, Kemiri, dan Bruno) 9 kursi.

Penentuan jumlah kursi itu lanjut Muslikhin Madiani, berasal dari jumlah data agregrat kependudukan kecamatan (DAK2) sebanyak 738.728 jiwa pemilih. “Satu kursi mewakili 16.416 orang. Namun dari bilangan pembagi itu hanya didapat 42 kursi. Untuk memenuhi kouta 45 kursi, tiga kursi lainnya ditentukan dari sisa suara berdasar rangking terbanyak sehingga terpenui 45 kursi,” jelas Muslikhin Madiani. (Nar)

 

Rental Mobil Purworejo

Kami siap jemput & antar ke tujuan Anda. Hubungi kami sekarang juga! Telp 08111800809