Jenderal Tarto: Saya Nggak Mau Terima Posisi RI 2

Jenderal-Endriartono-Sutarto

Jenderal (Purn) Endriartono Sutarto( kelahiran Purworejo 65), Ketua Dewan Pertimbangan Partai Nasional Demokrat (NasDem), pastikan pasang ’harga tinggi’ di Pilpres 2014. Dia hanya mau jadi calon RI 1, ogah jadi cawapres.

Bekas Panglima TNI yang akrab disapa Jenderal Tarto itu mengungkapkan, target tingginya saat berkunjung ke dapur redaksi Rakyat Merdeka,kemarin.

“Kalau saya maju dalam laga Pilpres jangan harap saya mau menerima posisi RI 2. Jangan pernah mengharap saya mau menempati posisi nomor dua. Saya hanya mau RI 1,” begitu kata Jenderal Tarto dengan raut wajah serius.

Alasannya, kata Jenderal Tarto, kewenangan yang dikantongi RI 2 tidak sebesar presiden. Menurutnya, untuk mengubah bangsa ini menuju ke arah yang lebih baik, butuh kewenangan besar. Jika hanya menempati posisi RI 2, pensiunan perwira tinggi jebolan Akabri 1971 ini merasa geraknya tidak bisa optimal.

Jenderal Tarto menyangkal niatnya nyapres hanya untuk mencari kekuasaan. Dia hanya ingin mendapatkan kewenangan untuk mengubah negeri ini. Lelaki kelahiran Purworejo 65 tahun silam ini mengungkapkan latar di balik keinginannya nyapres. Sebelumnya dia mengaku tidak punya niat sama sekali untuk nyapres.

“Rupanya banyak kawan bilang saya punya kapasitas. Masih bisa melakukan hal lain yang jangkauannya lebih besar. Makanya apa yang bisa saya berikan kepada negara, akan saya berikan,” katanya.

Untuk mewujudkan itu, dia bergabung bersama Partai Nasdem. Dia memilih partai yang didirikan Surya Paloh sebagai kendaraan politik, lantaran baru. Dia menilai, sembilan partai lainnya yang menjadi kontestan pemilu sudah cacat. Dia khawatir jika masuk ke salah satu di antara sembilan partai itu, justru tak punya peran. Sebab, isinya politisi yang senior. Makanya ia memilih Nasdem.

“Walaupun saya akui di dalam Nasdem juga isinya orang lama. Tetapi kalau kita kepung dari dalam, maka kita akan dapatkan partai yang baik,” paparnya.

Lalu bagaimana peluangnya untuk mendapatkan tiket capres dari Nasdem? Tarto menjawab singkat, “Ya nantilah. Maka itu saya harapkan dukungan dari semua pihak termasuk media.” [Harian Rakyat Merdeka]

 

Rental Mobil Purworejo

Kami siap jemput & antar ke tujuan Anda. Hubungi kami sekarang juga! Telp 08111800809
hari utomo says:

lht nnt z pak…..rakyat yg mnjwab

suyanto says:

nggak boleh sombong jadi orang, sombong hanya pakaian Tuhan lho pak Jendral..