Jalan Pinggir Sungai Lereng Dusun Patuk, Rejowinangun, Grabag Purworejo Ambrol

GRABAG - Jalan setapak di Dusun Patuk Desa Rejowinangun Kecamatan Grabag Purworejo ambrol karena tergerus Sungai Lereng. Jalan yang baru selesai dibangun September 2012 nyaris putus dan tidak bisa dilalui kendaraan roda empat. Akibatnya, akses perekonomian warga terhambat.Tri Astuti, 48, mengatakan, jalan yang ambrol tepat di depan rumahnya, sejak Selasa (19/2) lalu. Saat ini anak-anak yang hendak berangkat sekolah melintas halaman rumahnya menghidarii jalan setapak yang amblas.”Saya kira ada truk mau lewat. Setelah saya tengok, ternyata jalan setapak ambrol,” katanya kemarin (21/3).

Jalan setapak ambrol akibat erosi Sungai Lereng. Enam pohon besar yang berfungsi sebagai penahan dinding sungai ikut amblas tergerus air sungai.“Tanah yang amblas sekitar 5 x 25 meter ” imbuhnya.Buntoro, 42, mengatakan, jalan tersebut merupakan akses penghubung Desa Harjobinangun dengan beberapa dusun di Desa Patutrejo. Jalan ini satu- satunya yang sering dilalui warga.Pemerintah desa telah mengukur jalan setapak yang amblas. Mereka juga khawatir kejadian serupa akan terjadi longsor susulan jika sewaktu-waktu Sungai Lereng meluap.”Sungai Lereng sudah direncanakan dinormalisasi karena pendangkalan yang parah. Sungai Lereng juga mengalami pergeseran. Aliran sungai seolah pindah tempat dan mengancam pemukiman,” kata Buntoro yang juga seorang Kadus itu.

Sebenarnya, Sungai Lereng dinormalisasi tahun 1984 oleh PT Adi Karya selaku rekanan Balai Besar Serayu Opak (BBWSO) Jogjakarta. Warga menduga, rekanan mengerjakan proses normalisasi tidak sesuai petunjuk patok yang disepakati. Buntoro menambahkan, ambrolnya jalan setapak menghambat aktivitas warga. “Mayoritas warga bekerja sebagai penderes dan pembuat gula merah,” katanya.Karena itu, jalan tersebut menjadi jalan alternatif tembusan menuju jalan kabupaten antara Ketawang hingga Grabag.Secara umum, warga Desa Rejowinangun berharap pemerintah membantu program normalisasi Sungai Lereng. Sehingga dampak erosi tidak semakin meluas dan dinding serta jalan yang ada di dekat sungai bisa diselamatkan.”Desa sudah membuat laporan terkait ambrolnya jalan ini. Kami akan segera menyerahkan ke kabupaten. Kami berharap segera mendapat perhatian, karena pentingnya jalan ini bagi warga,” katanya.(tom/hes)

 

Rental Mobil Purworejo

Kami siap jemput & antar ke tujuan Anda. Hubungi kami sekarang juga! Telp 08111800809