Enam Desa di Purworejo Dapat Penghargaan Anubhawa Sasana

PURWOREJO, suaramerdeka.com - Enam desa dari enam kecamatan di Kabupaten Purworejo menerima penghargaan Anubhawa Sasana Desa Sadar Hukum dari Kementerian Hukum dan HAM.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Bupati Purworejo Drs H Mahsun Zain MAg bersamaan dengan peresmian Balaidesa Redin, Kecamatan Gebang, Purworejo, Kamis (25/4).

Enam desa dan kecamatan yang menerima penghargaan tersebut masing-masing Desa Tlogokotes Kecamatan Bagelen, Desa Karangwuluh Kecamatan Kutoarjo, Desa Dukuh Dungus Kecamatan Grabag, Desa Guyangan Kecamatan Loano, Desa Hulosobo Kecamatan Kaligesing dan Desa Sudimoro Kecamatan Purworejo.

Dalam kesempatan itu, Bupati Mahsun berharap agar penghargaan tersebut semakin memacu masyarakat untuk terus meningkatkan kesadaran dan taat hukum. “Penghargaan ini bisa menjadi semangat bagi desa-desa lainnya,” katanya.

Diungkapkan Bupati, penghargaan tersebut diraih bersama 120 desa/kelurahan lainnya se-Jawa Tengah.

Kepala Desa Redin Indro Waluyo melaporkan, pembangunan balai desa dan kantor desa yang berdiri diatas tanah 600 meter persegi dengan luas bangunan 300 meter persegi itu, menghabiskan dana sekitar Rp 290 juta.

Dana sebesar itu berasal dari bantuan Kementerian Dalam Negeri Rp 210 juta dan swadaya masyarakat sebesar Rp 80 juta. Selain pembangunan balai desa, masyarakat juga bergotong-royong secara swadaya untuk membangun jalan desa.

Acara tilik desa tersebut juga dimeriahkan pesta patok kambing peranakan ettawa (PE), dan pasar murah yang diselenggarakan oleh Disperindagkop Kabupaten Purworejo. Selain itu juga dibagikan door prize bagi para pengunjung, dengan hadiah menarik dari panitia.

( Nur Kholiq / CN31 / JBSM )

 

Rental Mobil Purworejo

Kami siap jemput & antar ke tujuan Anda. Hubungi kami sekarang juga! Telp 08111800809