Empat Stasiun di Daop V Purwokerto Disterilkan dari Pengasong – Termasuk Stasiun Kutoarjo

Laporan Wartawan Tribun Jogja, Hanan Wiyoko
PURWOKERTO – Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) V Purwokerto, Zakaria mengatakan, Jumat (1/3/2013) hari ini dilakukan penertiban pedagang asongan di empat stasiun. Keempat stasiun tersebut adalah Stasiun Kutoarjo (Kabupaten Purworejo), Stasiun Kroya (Kabupaten Cilacap), Stasiun Sidareja (Kabupaten Cilacap) dan Stasiun Bumiayu (Kabupaten Brebes).

Stasiun Kutoarjo

“Hari ini ada empat stasiun yang disterilkan. Stasiun Purwokerto belum jadi dilakukan hari ini karena petugas ditarik ke stasiun-stasiun itu,” kata Zakaria kepada Tribun Jogja (Tribunnews Network), Jumat (1/3/2013) siang.
Tentang pelarangan pedagang asongan di stasiun, dasar hukum yang dipakai sesuai UU No. 23 Tahun 2007 Tentang Perkeretaapian. Pada Pasal 38 disebutkan, ruang manfaat jalur kereta api diperuntukkan bagi pengoperasian kereta api dan merupakan daerah yang tertutup untuk umum.

Selanjutnya, di Pasal 173 juga dijelaskan bahwa masyarakat wajib ikut serta menjaga ketertiban, keamanan, dan keselamatan penyelenggaraan perkeretaapian.

Selain undang-undang, juga ada PP No 72 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api di pasal 124 disebutkan bahwa setiap orang dilarang masuk ke dalam peron stasiun, kecuali petugas, penumpang yang memiliki karcis, dan pengantar/penjemput yang memiliki karcis peron.

 

Rental Mobil Purworejo

Kami siap jemput & antar ke tujuan Anda. Hubungi kami sekarang juga! Telp 08111800809