DPRD Kediri Belajar Manajemen Peternakan di Purworejo

Anggota DPRD Kediri mendengar penjelasan Kabid Peternakan DKPP Purworejo. (Foto : Jarot Sarwosambodo)

PURWOREJO (KRjogja.com) – Sejumlah anggota Komisi B DPRD Kabupaten Kediri Provinsi Jawa Timur melakukan studi banding manajemen peternakan di Kabupaten Purworejo, Selasa (9/4). Anggota dewan mendapat paparan terkait pengelolaan rumah pemotongan hewan (RPH) serta sistem pengawasan daging dari Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Purworejo.

Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Kediri Ir Wiyono mengatakan, kedatangannya ke Purworejo untuk mencari referensi tentang pengelolaan ternak. “Kami menilai Purworejo sudah bagus dalam pengawasan ternak, payung hukumnya sudah lengkap, padahal dari segi infrastruktur belum sempurna,” katanya kepada KRjogja.com.

Kondisi tersebut diakui Wiyono berbeda dengan di wilayah Kediri. Menurutnya, kendala tersulit antara lain dalam ketertiban pemotongan hewan di rumah pemotongan (RPH), sehingga berimbas pada minimnya pemasukan daerah serta kurangnya pengawasan kesehatan ternak atau daging. Selain soal RPH, tim DPRD Kediri juga bertanya terkait cara menjaga populasi sapi dan pengendalian pemotongan ternak betina produktif.

Ditambahkan, sebagian besar jagal atau penjual daging di Kediri masih menyembelih ternaknya di rumah. “Ada beberapa RPH, namun data kami hanya satu atau dua ekor yang dipotong di rumah khusus penyembelihan itu. Padahal, kalau Purworejo ada sekitar enam ekor yang masuk RPH, belum lagi daging yang datang dari Magelang juga masuk RPH dulu,” paparnya.

Sementara itu, Kabid Peternakan DKPP Purworejo Ir M Riyanto mengemukakan, usaha menertibkan peternak dan jagal tidak sulit jika sudah ada aturan yang ketat. “Kalau ada aturan, tinggal kita sosialisasikan. Pertama untuk jagal, mereka diminta secara tegas untuk tidak memotong sapi atau kerbau betina yang produktif,” tuturnya.

Untuk pedagang daging, lanjutnya, dinas melakukan sosialisasi dan pendataan sampai ke pasar. Menurutnya, pendataan dilakukan untuk memudahkan pengawasan. “Jika ada yang tidak masuk RPH, kami bisa tahu dan cek langsung ke pasar,” ucapnya. (Jas)

 

Rental Mobil Purworejo

Kami siap jemput & antar ke tujuan Anda. Hubungi kami sekarang juga! Telp 08111800809