Desa Patutrejo Terbebani Proyek Biodiesel

Instalasi biodiesel DME Patutrejo terbengkalai. (Foto: Jarot s)

PURWOREJO (KRjogja.com) – Pemerintah Desa Patutrejo Kecamatan Grabag Kabupaten Purworejo, menyayangkan terbengkalainya instalasi pembuatan minyak biodiesel di desanya beberapa bulan terakhir. Desa justru semakin terbebani karena proyek tersebut tidak pernah menghasilkan manfaat bagi masyarakat.

Kades Patutrejo Jaelan mengatakan, selama ini pemerintah pusat atau masyarakat di bagian lain Purworejo atau Indonesia, mengagumi proyek biodiesel berbahan baku biji nyamplung itu. “Saya lihat di beberapa media, nama desa kami ada dan dikatakan hebat, padahal nyatanya nol besar, tidak ada apa-apanya,” tegasnya kepada KRjogja.com, Kamis (18/04/2013).

Masyarakat sempat menggantungkan harapan besar ketika proyek itu dibangun dan diresmikan tahun 2009. Menurutnya, warga berharap bisa memanfaatkan minyak yang dihasilkan instalasi itu untuk kebutuhan menghidupkan mesin diesel mereka.

Namun, instalasi itu hanya bisa menghasilkan sedikit minyak dan tidak mencukupi kebutuhan masyarakat. Selain itu, biodiesel yang dihasilkan memiliki harga mahal dan tidak terjangkau kalangan petani. “Masak kapasitas hanya seratus liter sehari, itu pun kadang tidak produksi,” tuturnya.

Jaelan meminta pemerintah pusat serius mengelola proyek DME yang nilai proyeknya mencapai jutaan rupiah itu. “Kami justru diminta menyiapkan lahan baru untuk dibangun gedung dan akan ditempatkan mesin penghasil biodiesel. Satu set saja mangkrak karena tidak ada pembinaan, malah mau ditambah, jelas kami tolak mentah-mentah!,” tegasnya.

Terpisah, Kabid Kehutanan Dinas Pertanian dan Kehutanan (Distanhut) Kabupaten Purworejo Ir Argo Prasetyo mengemukakan, pihaknya sudah berulangkali berusaha mengaktifkan instalasi tersebut. Bahkan bersama sejumlah tokoh masyarakat lain terpaksa mengeluarkan dana pribadi. “Saya tidak mau katakan berapa, namun memang mengeluarkan dana untuk mengaktifkan lagi. Hanya saja tidak berhasil karena memang sangat sulit dan mahal, hanya pemerintah pusat yang serius dan memiliki anggaran cukup yang bisa menghidupkannya,” paparnya.(Jas)

 

Rental Mobil Purworejo

Kami siap jemput & antar ke tujuan Anda. Hubungi kami sekarang juga! Telp 08111800809