Daging Mahal, Muncul Pencurian Sapi

PURWOREJO Mahalnya harga daging sapi yang mencapai angka Rp 90.000 perkilogram diperkirakan menjadi saah satu pemicu maraknya pencurian ternak. Dalam tiga bulan terakhir, sedikitnya enam sapi milik warga sejumlah desa di Kecamatan Purwodadi hilang.

Pencurian Sapi Purworejo

Memotong tali pengikat dan menuntun ternak, salah satu modus aksi pencurian sapi di Purworejo. Foto: Jarot S

Peternak sapi di Desa Watukuro Sukirno mengatakan, pencurian sapi terjadi secara beruntung. “Pencurinya pindah-pindah antardesa. Bulan lalu desa kami yang disatroni, sekarang gantian desa tetanga,” kata peternak yang pernah kehilangan seekor sapi pada Desember 2012 lalu,kepada KRjogja.com, Senin (25/02/2013).

Menurutnya, sejak ternaknya hilang, secara berurutan sapi milik peternak di Sidoharjo, Jatimalang dan Jogoresan juga disikat pencuri.Usaha masyarakat melakukan ronda tidak terlalu signifikan menekan aksi pencurian. Pencuri bermodus mengendap-endap ke kandang antara pukul 02.00 – 03.00, memotong/membakar tali pengikat, menuntun sapi melewati sawah, lantas menaikkan ternak curian ke kendaraan yang sudah disiapkan di jalan desa yang sepi.

Selain itu, lonjakan harga ternak juga menjadi pemicu aksi kejahatan. Sapi yang biasanya laku di pasaran Rp 10 juta naik menjadi Rp 15 juta – Rp 16 juta perekor. Peternak lain Tri Haryanto mengkritik polisi yang dinilai kurang berperan dalam mengatasi permasalahan itu.

“Bahkan kasus pencurian yang terjadi lebih dari setahun lalu, belum terungkap. Padahal diperkirakan pelakunya adalah sama, sebab daerah operasinya hanya wilayah desa kami saja, warga heran polisi tidak bisa mengendus keberadaan komplotan itu,” tegasnya.(Jas)

 

Rental Mobil Purworejo

Kami siap jemput & antar ke tujuan Anda. Hubungi kami sekarang juga! Telp 08111800809