Cuaca Buruk, Nelayan Pantai Jatimalang Purworejo Enggan Melaut

PURWODADI РAktivitas nelayan di Pantai Jatimalang Kecamatan Purwodadi, Purworejo masih lesu. Nelayan enggan melaut, karena cuaca buruk dan tak kunjung bersahabat.

Kini, mereka memilih bekerja di sawah. Apalagi sebagian besar lahan padi di Jatimalang memasuki musim panen.”Sudah sepekan tidak ada nelayan yang turun. Ini akibat cuaca buruk angin kencang dan gelombang juga masih tinggi dengan kisaran 4 – 5 meter lebih. Tangkapan juga tidak bagus. Itu sebabnya nelayan memilih rehat melaut, sembari menunggu cuaca membaik,” ungkap Taryo, 45, nelayan setempat, baru-baru ini(28/2).Taryo melanjutkan, selain menangkat ikan, keluarganya juga membuka warung see food di pinggir pantai. Selama cuaca buruk, warung tempat usahanya ikut terkena imbasnya. “Saya tidak sanggup kulakan ikan dari Semarang atau Cilacap. Jadi, hanya warung besar saja yang buka. Saya hanya buka Sabtu dan Minggu, kalau ada nelayan yang turun dan memperoleh ikan,” imbuhnya.

Ada puluhan warung makan di Pantai Jatimalang yang menyediakan hidangan ikan laut seger setiap hari. Dengan sepinya hasil tangkapan, yang bertahan hanya belasan warung saja.Nelayan lain, Trubus, 40, menambahkan, ada 35 perahu nelayan yang ada di Pantai Jatimalang. Mereka sudah lima hari tidak ada yang turun melaut.

“Kalau ada yang beani, hasil tangkapan juga sedikit,” katanya.Tingginya gelombang laut masih menjadi kendala. Tidak hanya itu, angin kencang yang menimbulkan kabut putih mengganggu jarak pandang. “Kalau tidak profesional, kapalnya bisa pecah terhempas gelombang. Jadi, yang melaut benar-benar yang berpengalaman,” katanya.

Suasana Pantai Jatimalang juga hanya ramai saat Minggu. Demikian juga tempat pelelangan ikan (TPI) dan lapak ikan di sisi Barat, terlihat lengang dan sepi. Selama ini tidak ada pasokan ikan dari nelayan.¬† “Kalau pas ada nelayan yang turun membawa ikan ya beli. Kalau tidak ada ya tidak apa-apa. Saya ke sini hanya berburu udara segar sekalian terapi pernafasan,” kata Darmadi, 55, warga Bagelen, Purworejo.(tom/hes)

 

Rental Mobil Purworejo

Kami siap jemput & antar ke tujuan Anda. Hubungi kami sekarang juga! Telp 08111800809